ABM Harap Uji Publik RPJMD Jadi Ajang Curah Gagasan Untuk Sulbar Lebih Baik

Banniq.com.Sulbar

Sesuai jadwal yang telah diagendakan, Hari ini, Selasa(29/82017) bertempat di Ballroom D Hotel Maleo Mamuju Sulbar, Pemprov Sulbar laksanakan Uji Publik RPJMD Sulbar.

Kegiatan yang diikuti sekira 700 undangan dari berbagai elemen antara lain Pelaku usaha, akademisi, Ormas,Lembaga Kemahasiswaan, dibuka langsung oleh Gubernur Sulbar Drs.Ali Baal Masdar.

Hadir pula dalam kegiatan ini, Sekprov,Drs.H.Izmail Sainuddin, Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Nandang MH, Eksponen Pejuang Sulbar, Prof.Dr.H.Rahmat Hasanuddin, Drs.Syahrir Hamdani, Dan Drs.Naharuddin. Tim Ahli Pemprop Prof.Dr.Akba Anggota Tim 9 Dr.Suyuti Marzuki,M.si dan Dr.Yundini Husni Djamaluddin.Skademisi Unsulbar Mujirin Yamin, SE;M.Si dan Akademisi Untad Palu,Dr.Haerul Anam,SE;

Sekprov Sulbar,Ismail zainuddin Dalam sambutannya menegaskan bahwa merujuk ke Undang-undang maka RPJMD tersebut harus disahkan Enam bulan setelah pelantikan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih.  Untuk RPJMD Sulbar Sebut Ismail disusun berdasarkan Pergub Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan RPJMD. Penyusunan RPJMD tersebut kata Mantan PLT Bupati Mamuju Tengah ini, bahwa penyusunannya merujuk pada prinsip teknokratif,partisipatif dan topdown,l.Selain itu kata Dia Proses Penyusunannya juga telah melalui fase hingga pada tahap uji publik hari ini.” RPJMD Sulbar yang kita Uji publikkan hari ini Sendiri telah melalui beberapa tahap dimulai dari penyusunan,pengkajian dan pembahasan oleh Ahli dan Tim pakar baik yang dilaksanakan di Mamuju maupun di Jakarta,” Ujarnya.

Ditambahkan olehnya,bahwa  indikator Yang menjadi rujukan pelaksanaan   RPJMD Sulbar 5 Tahun ke Depan kata Ismail antara lain pertumbuhan ekonomi yang relatif meningkat positif,untuk tahun 2017 ini mencapai 7.75%, ke depannya sebut ismail akan meningkat hingga 8%. Kemudian untuk angka kemiskinan dari jumlah 13.89%, menurun menjadi 11.35.%, di Tahun 2017 tahun ini.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Sulbar Drs.Ali Baal Masdar yang membuka kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyusunan RPJMD Sulbar.” Kami apresiasi kepada semua pihak  yang terlibat dalam penyusunan RPJMD baik OPD ,tim pakar,karena dengan semakin banyaknya yang terlibat dalam penyusunan RPJMD maka akan semakin   memperkaya muuatan muatan RPJMD itu sendiri,” Urainya.

Kemudian untuk Uji publik RPJMD yang diselenggarakan hari ini ABM berharap kepada semua pihak yang hadir untuk memberi masukan ide dan gagasan konstruktif, sebagai implementasi untuk menjawab harapan masyarakat.Namun dia juga berharap kepada semua Pihak bila semua gagasan dan ide yang disampaikan untuk memaklumi bila tidak semuanya bisa diwujudkan semuanya.” Kami berharap Uji publik ini menjadi ajang menyampaikan ide dan gagasan, Namun kami juga berharap untuk meklumi bila ide dan gagasan tidak semuanya bisa diwujudkan mengingat kewenangan yang membatasi.” Pungkasnya.(samad)

Berita Terkait: