Akrabkan Angka-Angka Statistik Ke Wartawan,BPS Sulbar Helat Workshop Jurnalistik

 

Banniq.Com.Sulbar
Kemitraan strategis antara BPS Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat dengan Jurnalis yang bertugas di Kabupaten Mamuju, kian erat melalui Workshop Jurnalistik yang dihelat BPS Sulbar, sabtu(23/9/2017) diikuti Jurnalis dan Pegawai BPS  Sulbar dan Kabupaten Mamuju.

Kepala BPS Perwakilan Sulbar,Suntono,SE;M.Si  yang membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa  menyadari bahwa masih sangat terbatas kalangan yang memahami angka-angka statistik  sebagai sesuatu hal yang sulit, bahkan oleh pelajar ataupun mahasiswa dianggap pelajaran yang memberatkan.       Padahal angka statistik sangat dibutuhkan dalam segala bidang baik pendidikan, kesehatan, pertanian, politik, sosial, ekonomi, pariwisata dan lainnya baik dalam dunia pendidikan maupun pembangunan.

” Untuk itu hari ini dan melalui momen memperingati Hari Statistik Nasional yang jatuh pada tanggal 26 September, BPS Provinsi Sulawesi Barat menggelar acara Workshop Jurnalistik Menginterpretasi Data Strategis BPS,” Ujarnya.

Masih disebutkan Suntono, bahwa  Workshop itu pula sebagai salah satu bentuk penyebarluasan pemahaman statistik kepada media dan masyarakat luas. ” Melalui workshop ini juga  diharapkan intensitas media massa dalam penyebarluasan berita-berita ataupun artikel tentang statistik dapat lebih meningkat lagi, karena sesuai Fungsinya  media massa memiliki peran yang begitu penting dalam penyebarluasan informasi, dan salah satunya adalah data-data statistik yang dihasilkan BPS,” Tandasnya.

Meskipun selama ini kata Suntono,pihak BPS telah merilis data  bulanan, triwulanan, semesteran maupun tahunan dan telah dipublikasi oleh media.Namun lebih dari itu  diharapkan mampu menumbuhkan minat penulisan berita dan artikel statistik untuk mengajak kesadaran masyarakat luas dalam memahami pentingnya data statistik dalam segala bidang pembangunan.

Di tempat yang Sama, Pemateri Kegiatan Ini, Naskah M Nabhan menilai urgennya wartawan untuk lebih dalam memahami data statistik, karena Statistik merupakan hal yang spesifik sehingga dibutuhkan pendalaman untuk memaksimalkan pengetahuan wartawan terhadap statistik,terlebih dalam menulis berita tentang statistik.” Untuk lebih memudahkan wartawan dalam menulis berita terkait data statistik,ke depan pihak BPS perlu merumuskan 10 pedoman Penulisan Statistik, untuk memudahkan wartawan dalam menulis berita atau artikel tentang statistik,” Ujarnya.

Secara teknis, Direktur Sulbar Ekspres ini juga menyarankan kepada BPS Sulbar yang sering menggelar Konferensi Pers terkait  rilis data statistik yang melibatkan wartawan,untuk lebih apik mengemas Kegiatan Konferensi Pers tersebut,sejatinya konferensi Pers mesti ada dialog dan menghadirkan ahli terkait tema dari konfrensi pers tersebut.” Sebagai bahan share untuk BPS Sulbar yang kerap menggelar konferensi Pers terkait realese data statistik, untuk lebih maksimalnya konferensi Pers tersebut,idealnya ada dialog dan ada ahli yang memahami topik yang dikonferensi Pers,” pungkasnya.

Respon peserta terhadap materi workshop ini juga menyarankan kepada BPS agar lebih akurat dan valid dalam merilis angka-angka statistik,terutama yang menyangkut angka harga produk atau barang yang dirilis.” Kita berharap rilis angka yang dibuat terkait daftar harga barang atau produk tertentu untuk lebih akurat dan Uptodate,” Ujar Ashari Rauf,Wartwan RB FM Sulbar.

Kemudian menyoroti pelibatan media terhadap kegiatan BPS Sulbar, Dinilai belum maksimal oleh Jawaluddin,Wartawan TVRI Sulbar.Jawal menilai kegiatan duduk bersama atau dialog dengan media dengan BPS belum cukup,tetapi lebih pelibatan dalam mengakses informasi terkait kegiatan BPS.” BPS tidak perlu berfikir pembiayaan untuk melibatkan media pada setiap kegiatan BPS,Karena kami punya anggaran sendiri, jadi bukan hanya kegiatan seperti ini yang diharapkan oleh media,tetapi kami berharap setiap kegiatan BPS kami dilibatkan untuk meliput,” Pungkasnya(smd)

 

Berita Terkait: