Babinkamtibmas Salleto Ajak Masyarakat Makmurkan Mesjid

BANNIQ.COM.Mamuju.Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) Desa Salletto, Brigadir Mappatunrru, aktif mengajak masyarakat Salketto untuk memakmurkan Mesjid.

Brigadir Mappatunru, Via WA, Minggu ( 29/7/2018) menjelaskan bahwa ajakan ke masyarakat untuk memakmurkan mesjid, merupakan anjuran yang diperinthkan langsung Allah Subhanahuwataalah  berdasarkan FirmanNYA.

“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah, maka merekalah yang termasuk golongan orang-orang yang selalu mendapat petunjuk (dari Allah Ta’ala)” (QS At-Taubah: 18).

” Ayat yang mulia ini menunjukkan besarnya keutamaan memakmurkan masjid yang didirikan karena Allah Ta’ala, dalam semua bentuk pemakmuran masjid, bahkan perbuatan terpuji ini merupakan bukti benarnya iman dalam hati seorang hamba,” Ungkapnya.

Dia menambahkan, Ada tujuh golongan manusia yang akan dinaungi oleh Allah dalam naungan (Arsy)-Nya pada hari yang tidak ada naungan (sama sekali) kecuali naungan-Nya.” Salah satu dari Golongan yang dimaksudkan Allah tersebut yakni  Seorang hamba yang hatinya selalu terikat dengan masjid” Ujar Mappatunru yang mengutip pendapat salah seorang ulama.

Hakikat memakmurkan  dan makna memakmurkan masjid sambung Mappatunru,  menetapinya untuk melaksanakan ibadah di dalamnya dalam rangka mencari keridhaan-Nya, misalnya shalat, berdzikir kepada Allah Ta’ala dan mempelajari ilmu agama. Juga termasuk maknanya adalah membangun masjid, menjaga dan memeliharanya.

Atas dasar itu, Babin Salletto  ini  senantiasa  mengajak Personil Polsek Urban Mamuju, dan warga setempat agar selalu shalat fardhu di mesjid.Senantiasa  mendatangi masjid dan berdiam di dalamnya (untuk beribadah kepada Allah Ta’ala)
Membangun masjid dan memperbaikinya”7.

Maka hakikat memakmurkan masjid adalah mencakup semua amal ibadah dan ketaatan kepada Allah Ta’ala yang diperintahkan atau dianjurkan dalam Islam untuk dilaksanakan di masjid.

Oleh karena itu, tentu saja shalat berjamaah lima waktu di masjid bagi laki-laki adalah termasuk bentuk memakmurkan masjid, bahkan inilah bentuk memakmurkan masjid yang paling utama.

Selain di Salletto,  Sabtu tanggal 28 Juli 2018 Brigadir Mappatunru yang sedang melaksanakan piket di Polsek Urban Mamuju juga mengajak personil jaga dan masyarakat untuk shalat Fardhu Magrib Berjamaah di Mesjid Jabal Nur Timbu(hmsPm/s)
.

Berita Terkait: