Bangun Kesadaran Pemilih Pemula, Bawaslu Sulbar Lakukan Bawaslu Goes To School

Banniq.Com.Sulbar – Upaya untuk membangun kesadaran bagi pemilih pemula,  Bawaslu Provinsi Sulbar Melakukan kegiatan *Bawaslu Goes To School  Kamis( 1/3/ 2018 ) yang bertempat di SMA Negeri 2 Mamuju.

Kegiatan ini untuk membangun kesadaran  pemilih Pemula dalam hal ini Siswa Tingkat atas agar turut larut menjadi Pengawas Partisipatif

Menurut Kepala Sekretariat Bawaslu Sulbar  dalam sambutanya “Ditahun 2018 ini kami melakukan kegiatan Bawaslu go to school untuk mengahadapi pemilihan umum kedepannya secara serentak

” Semoga kegiatan ini melahirkan pemilih yang cerdas untuk memilih wakil rakyat dan presiden agar bangsa kita bisa maju ke depan” Ungkapnya.
Ditambahkan, Bawaslu Goes to School ini adalah kegiatan pertama untuk Lima Kabupaten di Sulbar dan kegiatan akan dilaksanakan di SMA Negeri 2 MAMUJU untuk kabupaten Mamuju kegiatan untuk membangun kesadaran pengawasan Partisipatif dari Pemilih Pemula
Di tempat yang sama Kasek SMA Negeri 2 Mamuju H.Muh.Tahir S.Pd;M.Pd menyambut positif kegiatan Bawaslu te4sebut dan ditempatkan di Sekolah yang dipimpimnya. “Alhamdulillah sekolah kami dijadikan tuan rumah dalam kegiatan Bawaslu Goes to school ini sebuah kebanggaan buat kami karena kunjungan Bawaslu Sulbar ke Sekolah Kami, semoga kedepannya kita bisa mengambil pelajaran dalam kegiatan ini, semoga kegiatan ini terjadi tanya jawab agar bisa menjadi pemilih yang pintar” Paparnya.

Sementara, Komisioner Bawaslu Sulbar Ansharullah A.Lidda SH., MH menyampaikan  Dalam komponen pemilu itu ada beberapa lembaga yaitu KPU, Bawaslu, DKPP.

Bawaslu lembaga penyelenggara pemilihan umum yang bertugas mengawasi penyelenggaraan pemilu melalui fungsi pencegahan, penindakan/penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa.

Pelanggaran Pemilu dan Pemilihan yaitu Pelanggaran administrasi,etik dan tindak Pidana  Penanganan laporan pelanggaran pada pemiluBawaslu Provinsi, panwas kabupaten/kota, panwascam, pol dan pengawas TPS menerima laporan pelanggaran pada setiap tahapan penyelenggaraan

Untuk hal Laporan pelanggaran pemilihan disampaikan secara tertulis yang memuat paling sedikit :

  • Nama, dan alamat pelapor

  • Pihak terlapor, waktu dan tempat kejadian perkara dan

  • uraian kejadian

Terpilihnya syarat formil maupun materil laporan yang meliputi : Syarat formil : identitas pelapor, tidak melewati 7 hari sejak ditemukan atau diketahui pelanggaran Nya, kesesuaian tandatangan antara formulir dengan kartu identitas sedangkan Syarat materil : peristiwa dan uraian kejadian tempat peristiwa terjadi, Saksi saksi, barang buktipelanggaran pada pemiluPelapor melapor ke pengawas pemilu sentra gakumdu

Dalam kurung waktu 7 hari sejak diketahui dan ditemukan

menurut Achmad Rosali sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan ini yang juga salah satu Tim Asistensi Bawaslu bahwa Di Titik Rawan dan Fokus Pengawasan yaitu :

Tahapan Pemutakhiran data pemilih terkadang

Pemilih terdaftar tapi tidak memenuhi syarat,

Pemilih tidak terdaftar tapi memenuhi syarat
Pencalonan

Penggunaan dokumen administrasi yang tidak sah

Mantan narapidana dan tidak mengumumkan bahwa pernah Napi
Kampanye dan masa tenang

Kampanye diluar jadwal, ditempatkan pada tempat yang dilarang (fasilitas pemerintah, rumah ibadah dll)

Mengadakan kegiatan berbau Kampanye pada masa tenang
Logistik

Surat suara dicetak melebihi dari yang ditentukan yaitu DPT + 2,5%

Pemberitahuan pemilih (C6), tidak terdistribusi
Pungut hitung

Menggunakan hak pilih lebih dari sekedar

Mewakili pemilih, atau mengatasnamakan

Memberitahukan pilihan kepada orang lain
Rekapitulasi Suara

Merubah berita acara

Penggelembungan suara
Peran Pemilih Pemula dalam pengawasan pemilu partisipatif

Turut hadir Bapak Suardi Mappiabang yang juga

Sekretaris Dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Sulbar menuturkan SMA merupakan sudah bisa menjadi pengawas pemilu partisipatif Pemilu yg kita laksanakan ini. Demokrasi tidak sekedar ditonton tapi harus dilakoni.

Siswa siswi yang hadir sangat antusias mengikuti kegiatan ini terbukti dengan sangat Aktivnya mereka untuk bertanya saat kegiatan berlangsung.(*)

Berita Terkait: