Bantu Pembayaran BPJS Warga Kurang Mampu, Polres Majene Gelar Aksi Pungut Sampah

Majene, Banniq.com –

Sejumlah anggota Polres Majene berjalan menyusuri sepanjang jalan pesisir pantai Lingkungan Binanga hingga Lingkungan Parappe kelurahan Labuang. Para Bhayangkara ini bahu membahu memunguti sampah yang berceceran di jalan.

Sampah lalu di kumpulkan untuk diserahkan ke Bank sampah, kemudian uang hasil pertukaran sampah tadi nantinya akan digunakan untuk membayarkan iuran BPJS Kesehatan bagi warga yang kurang mampu.

Terobosan kreatif yang juga bertujuan mengurangi volume sampah warga ini, digagas salah satu warga Majene, Aslan Sidan. Pihak pemerintah Labuang serta Bhabinkamtibmas Polres Majene juga terlibat dalam program Bank sampah ini.

Kapolres Majene AKBP Asri Effendy ikut berpartisipasi dalam aksi yang berlangsung pada Jumat pagi, (14/7/17) itu. Ia dan para relawan Siaga serta warga lingkungan Binanga, Parappe juga lingkungan lainnya turut berpartisipasi melaksanakan gerakan pungut sampah plastik tersebut.

Menurut Asri, ia mendukung kegiatan tersebut karena banyak memberikan manfaat bagi masyarakat. Salah satunya masyarakat mendapatkan manfaat karena keikutsertaannya dalam program BPJS, sehingga dapat tenang dalam beraktivitas sehari hari.

“Karena kalo sakit dapat jaminan pengobatan, selain itu terciptanya lingkungan yang bersih juga berpengaruh terhadap kondisi yang nyaman bagi penghuninya,” tandasnya.

Lebih jauh ia menambahkan, bahwa terdapat korelasi kegiatan tersebut dengan tugas Polri dalam menciptakan rasa aman yang terkandung dalam empat pengertian dasar, diantaranya ialah Security, yaitu perasaan bebas dari gangguan fisik dan Psikis. Surety, yaitu perasaan bebas dari kekhawatiran.
Safety, yaitu perasaan terlindung dari segala bahaya dan
Peace yaitu perasaan damai lahiriah dan batiniah.

“Gerakan kumpul sampah untuk bayar BPJS akan membuat warga di lingkungan tersebut merasa Safety, Surety dan Peace, kalo menurut saya, sehingga tugas Polri juga akan terpenuhi,” sebutnya.

Sebanyak 200 kantong Plastik disiapkan untuk mengisi sampah. Setelah mendapat arahan dari Kapolres Majene, para Personel Polres Majene langsung turun ke lokasi bersama warga setempat memungut sampah. Saat ini kurang lebih 100 Kg lebih sampah plastik yang telah terjual dengan satuan harga Rp. 2.000 / kg.

Ia berharap kegiatan ini dapat terus digelorakan, karena dengan uang hasil dari bank sampah pihaknya dapat membantu pendaftaran kepesertaan BPJS serta dapat memudahkan warga dalam mendapatkan Faskes,” selain itu kebersihan di kota Majene akan terjamin karena seluruh masyarakat akan memungut sampah plastik untuk ditukarkan,” tutup Asri Effendy.(cha/s)

Berita Terkait: