BI Sulbar Sumbang 251 Kantong Darah ke PMI

BANNIQ.COM.Sulbar   Memperingati HUT Bank Indonesia ke-65 dan HUT RI ke-73, pada tanggal 5-6 Agustus 2018 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat menggelar kegiatan donor darah yang mengusung tagline  Bank Indonesia yaitu Berprestasi dan Berkontribusi melalui Sinergi berlandaskan Religi.

Kepala perwakilan  BI Sulbar, Dadal Angkoro di sela Kegiatan donor darah yang digelar 6 Agustus 2018 tersebut, mengatakan bahwa Kegiatan donor darah tersebut  merupakan bentuk kepedulian sosial Bank Indonesia bodang  kesehatan,  khususnya dalam pemenuhan kebutuhan darah apabila sewaktu-waktu diperlukan pada kondisi darurat di rumah sakit yang tersebar di Provinsi Sulawesi Barat.

” Tujuan lain dari kegiatan donor darah ini adalah untuk memasyarakatkan donor darah mengingat masih terdapat defisit jumlah kantong darah yang tersedia dibandingkan dengan jumlah ideal yang dibutuhkan oleh PMI Sulawesi Barat, yakni sekitar 36 ribu kantong darah pertahun.,”

Dari kegiatan yanf digelar selama dua hari tetsebut sebut Dadal, berhasil mengumpulkan 251 kantong darah dari para pendonor.

Masih Dadal, Kontribusi para pendonor yang merupakan stakeholders Bank Indonesia tersebut dapat melampaui target yang ditetapkan sebanyak 200 kantong. Hal ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa masyarakat Sulawesi Barat dalam mengumpulkan kegiatan donor darah dalam waktu dua hari.

Donor darah kali ini sambung Dadal BI Sulbar tidak seperti biasanya, kali ini  Untuk menambah ketertarikan dan minat para masyarakat untuk mendonorkan darahnya, Bank Indonesia memberikan doorprize dengan berbagai hadiah menarik. Setiap pendonor yang telah selesai mendonorkan darahnya diberikan kesempatan untuk memilih kupon berisi hadiah.

” Tentu saja, tidak semua pendonor mendapatkan hadiah, namun para pendonor tetap akan mendapat goodie bag berisi produk-produk makanan dari UMKM binaan Bank Indonesia,” Imbuhnya.

Pada kegiatan donor darah ini, Bank Indonesia bersinergi dengan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Polewali Mandar dan UTD Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mamuju untuk secara teknis melakukan penyaluran darah kepada penerima atau yang membutuhkan.

Kerjasama yang dilakukan kali ini dilaksanakan dengan menggandeng dua instansi sebagai upaya untuk mempercepat proses pengambilan donor darah sehingga memberikan kenyamanan pada para pendonor.
Dadal Angkoro, juga menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada para stakeholders yang penuh keikhlasan dan kebesaran hati bersedia mendonasikan darah untuk masyarakat. Para stakeholder tersebut adalah Perbankan yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD), Brimob, BNN, Korem, Kodim, BPJS, DJPBN, BPBD, dan ASN dari kantor Bupati Mamuju. Bank Indonesia berharap agar donasi darah yang dikumpulkan dapat dikelola dengan baik oleh PMI Polewali Mandar dan RSUD Mamuju sehingga masyarakat Sulawesi Barat mendapatkan pertolongan dengan cepat ketika benar-benar membutuhkan tranfusi darah.(Smd)

Berita Terkait: