BPS Ingin Sensus Penduduk Tahun 2020 Inklud dengan Data Perumahan

 

Banniq.Com.Denpasar. Badan Pusat Statistik, kembali akan melaksanaka Sensus Penduduk di Tahun 2020. Namun untuk sensus penduduk di tahun 2020 tersebut tidak hanya mendata jumlah penduduk tetapi inklud dengan data  perumahan. Hal tersebut disampaikan Kasubdit Statistik Kesehatan dan Perumahan Direktorat Statistik Kesejahteraan Rakyat BPS, Hasnani Rangkuti,PhD, saat presentase materi pada kegiatan Bimtek Pengelolaan Basis Data Perumahan Nasional Tahun 2018, di hotel Prime Plaza Sanur Denpasar Bali,Jum’at(6/4/2018)

Sensus penduduk yang inklud dengan data perumahan di tahun 2020, Sebut Hasnani merupakan sensus  yang sekaligus akan  mendata jumlah bangunan dan bentuk rumah atau bangunan yang dimiliki.” sensus penduduk pada tahun 2020 selain mendata jumlah penduduk Indonesia dari Aceh hingga ke Papua, namun juga akan mendata  jumlah dan bentuk bangunan/rumah,” Urainya.

Untuk akurasi data yang akan diperoleh untuk sensus tersebut,  pihak BPS sambung Hasnani, akan melakukan persiapan secara  maksimal di  Bulan Juli.” Di bulan Juli nanti kita akan buat perencanaan yang akan menjadi konfirmatory Factor terkait Perencanaan, kegiatan Pelatihan, penginfutan dan pengolahan datanya, pokoknya kita akan berusaha maksimal supaya tidak ada celah untuk terjadinya kesalahan,” Imbuhnya.

Untuk data perumahan yang akan menjadi bahagian dari sensus tersebut, Hasnani berharap kepada Kementerian PUPR untuk menyurat ke BPS dalam rangka pengusulan dan pemetaan program yang kelak dapat menjadi bahagian dari pertanyaan pada sensus tersebut.” Alangkah indahnya bila Kementerian PUPR bersurat ke BPS, dalam rangka pengusulan dan pemetaan program  perumahan yang nantinya dapat menjadi bahagian pertanyaan pada Kuesioner  Sensus tersebut,” Pungkasnya.(smd)

 

 

 

Berita Terkait: