Bupati Agus Ambo Jiwa Bersama Bakal Calon DPD Nero L Adriani, Hadiri Penganugrahan Gelar Doktor Honoris Causa untuk Megawati

Banniq.Com.Jakarta. Bupati Pasangkayu Sulawesi Barat Agus Ambo Djiwa bersama calon DPD RI Dapil Sulbar, Nero Leo Adriani Tenaga Ahli Gubernur Sulbar bidang Hubungan Luar Negeri dan Hubungan Pemerintahan Pusat dengan Daerah menghadiri undangan Rektor IPDN pada kegiatan penganugerahan gelar doktor Honoris Causa (H.C.) bagi Presiden ke – 5 Republik Indonesia Megawati Soekarno Putri oleh Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), di Kampus Jatinangor Jawa Barat pada Kamis (8/3/2018).

Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Ermaya Suradinata mengatakan, pemberian gelar Doktor Honoris Causa yang diterima Presiden ke-5 Indonesia, Megawati Soekarnoputri merupakan gelar pertama yang diberikan sepanjang IPDN didirikan oleh Presiden Pertama Proklamator RI Ir. Soekarno pada 17 Maret 1956.

Hal ini disampaikan oleh Rektor IPDN pada saat membuka upacara penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa Megawati Soekarno Putri pada bidang politik pemerintahan.

Dia menuturkan, bukan tanpa alasan gelar ini diberikan. Pasalnya, melihat kebijakan yang dilahirkan untuk pemerintahan saat Megawati menjadi Presiden maupun Wakil Presiden RI.

Menurut Ermaya, salah satu alasan itu Megawati mendorong terciptanya good governance dalam pemerintahan. Selain itu menggagas perlunya koridor desentralisasi dalam bentuk otonomi daerah.

“Ibu Megawati Soekarnoputri, telah memberikan justification bahwa otonomi daerah perlu diperkuat untuk menguatkan pemerintah,” ungkap Ermaya.
Selain itu, Megawati sebagai mandataris yang konsisten untuk desentralisasi. Konsistensinya juga terbukti dalam mengatasi masalah pasca tuntutan reformasi.

“Terutama masalah krisis bangsa, utang negara oleh IMF, beliaulah yang menyelesaikannya. Dan mengatasi gerakan disentegrasi bangsa di Papua, Aceh, dan Ambon pada saat itu,” tutur Ermaya lagi.

Mengapresiasi pemberian gelar atas dirinya,  Megawati menyampaikan Pidato Ilmiah dihadapan hadirin, dikatakan Ibunda Puan Maharani Ini.”  sungguh merupakan kebahagiaan dan kehormatan bagi saya mendapat anugerah Gelar Doktor Honoris Causa Bidang Politik Pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Semoga IPDN mampu melahirkan kader-kader terbaik bangsa, para pamong praja yang profesional, terampil dan berjiwa nasionalis”.Ujar Megawati

Lebih lanjut Megawati menyampaikan bahwa arah politik adalah hal inti di dalam suatu pemerintahan. Bukan dua hal yang terpisah. ” Pemerintahan tanpa politik yang jelas, ibarat kapal tanpa kompas, Pemerintahan tanpa pemimpin yang memiliki visi misi politik yang jelas, ibarat kapal tanpa nahkoda, yang akan hancur karena membentur karang atau tenggelam karena diterjang badai.,”  Tuturnya.

Sementara itu  Bakal Calon DPD RI Dapil Sulbar, Nero menyampaikan penghargaan doktor honoris causa di bidang politik pemerintahan yang diberikan ke Ibu Megawati sebagai bentuk apresiasi dan kepeduliannya dalam membangun demokrasi di Indonesia.”  Penghargaan yang diberikan oleh kampus IPDN ini merupakan gambaran bentuk kepedulian dan konsistensi perjuangan sosok Ibu Megawati dalam membangun demokrasi bangsa yang semakin baik ini,” pungkas anak muda Sulbar yang dekat dengan beberapa Pengurus teras DPP PDIP ini.(nr/smd)

Berita Terkait: