Capai Swasembada dan Peningkatan Daya Saing Pangan, Distan Sulbar Perkuat PPHTP

Kadistan Sulbar,Ir.H.Tanawali,M.AP(tengah) saat membukan Rapat pengawalan fasilitasi sarana pasca panen tanaman pangan(photo:repro)

BANNIQ.COM.Sulbar. Guna mencapai swasembada dan peningkatan daya saing pangan nasional, khususnya di provinsi Sulawesi Barat, Pemprov melalui Distan terus melakukan upaya peningkatan produksi dan kualitas komoditas tanaman pangan.

Untuk memaksimalkan pencapaian tersebut, Ďistan Sulbar, Kamis(5/7/2018) menggelar Rapat pengawalan fasilitasi sarana pasca panen tanaman pangan,di Aula kantor  Distan Sulbar.

Kadistan Sulbar,Ir.H.Tanawali,M.AP. yang membuka kegiatan tersebut mengatakan pada sambutannya, pengembangan tanaman pangan Indonesia, memerlukan rangkaian usaha yang terintegrasi mulai dari hulu hingga ke hilir sehingga mampu menghasilkan produk yang berdaya saing.

Olehnya sambung Tanawali, melalui kegiatan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan (PPHTP) diupayakan peningkatan  pemasaran tanaman pangan untuk komoditas ekspor. Juga meningkatkan  pengendali impor dan penurunan infra struktur pertanian pasca panen tanaman pangan.

” Untuk mendukung upaya tersebut sebaran kegiatan yang dilakukan antara lain, penurunan susut hasil tanaman pangan, dan meningkatnya nilai tambah produk tanaman pangan,” Ujar Tanawali.

Selain itu sebut Tanawali, aspek mutu hasil produk tanaman pangan juga harus ditingkatkan untuk dapat meningkatkan penguasaan pasar dalam negeri (domestik) maupun luar negeri(Ekspor)

” Faktor mutu juga merupakan faktor yang sangat menentukan dalam pengolahan dan pemasaran hasil tanaman pangan, olehnya mutu harus terus ditingkatkan untuk penguasaan pasar baik domestik maupun ekspor,” pungkas Kadis yang dikenal religius ini (smd)

Berita Terkait: