Dibawah Guyuran Hujan Pembukaan Festival Budaya Matra,Tetap Memukau

Keterangan Photo: Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kab.Matra,I Nyoman Suwandi,S.Pd.M.Pd.(photo:samad)

Banniq.com.Pasangkayu

Festival budaya yang bertajuk Senjakala Keragaman Budaya Mamuju Utara,secara resmi Dibuka Bupati Mamuju Utara Ir.H.Agus Ambo Djiwa,MP,Sabtu,12/8 di Obyek wisata pantai Babia Pasangkayu,ditandai dengan Penabuhan Rebana Yang ditabuh secara bersamaan  oleh Bupati dan Ketua DPRD Matra,H.Lukman Said,SPd.

Meskipun diguyur hujan lebat, Pembukaan Festival budaya tersebut tetap memukau dengan atraksi Kuda Lumping yang dipersembahkan salah satu komunitas seni Pasangkayu,dan Kirab Budaya yang berpawai dari Rujab Bupati Menuju Lokasi Pelaksanaan Festival, yang disaksikan ratusan masyarakat Kota Pasangkayu

Dalam sambutannya, Sinar,S.Sos, selaku Ketua Panitia, menguraikan tujuan Kegiatan Seni budaya tersebut sebagai upaya Pemkab Mamuju Utara Melalui Dinas Pariwisata untuk melesatarikam budaya yg bernilai sejarah yang ada di Mamuju Utar yang berbasis  keragaman.” Kami libatkan 400 orang seniman dan budaya yang akan meramaikan panggung budaya, Festival budaya dan Karnaval budaya, dengan Tema Senjakala Keragaman budaya,” Ujarnya.

Dengan festival tersebut Sebut Istri Ketua DPRD Matra ini ke depannya dapat berfek kepada pertumbuhan Ekonomi Matra.

I  yoman Suwandi,  S.Pd, M.Pd. Selaku Kadis Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Matra, dalam sambutannya menyebutkan bahwa sejak dahulu Kebudayaan Maritim Mandar sudah dikenal luas di Nusantara, selain budaya maritim budaya  lain yang tumbuh dan berkembang di Sulbar  termasuk Di Kabupaten Mamuju Utara dengan Budaya yang sangat beragam.” Dengan budaya yang beragam itu kita perlu melestarikannya, dan salah satu media untuk melestarikannya, adalah melalui Festival Budaya seperti yang kita Selenggarakan ini,” Sebutnya.

Sebagai titik pijak untuk Pelaksanaan Festival berikutnya, ia berharap akan lebih  I Nyoman Suwandi,Festival budaya matra I dapat menjadi potensi wisata yang bernilai ekonomis di Tahun mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Matra yang didaulat memberi sambutan, mengatakan bahwa Matra dengan Lukman Said, keragaman sekira 14 Etnis menjadi ciri khas tersendiri.” Di Matra ini ada 14 suku dengan ragam budayanya Masing-Masing dan itu menjadi sesuatu yang khas, Di Papua hanya 7 Etnis di Kalimantan hanya Dayak dan Banjar, Itulah Matra dengan budaya kebersamaan,” Terangnya.

Bupati Matra Ir. H. Agus Ambojiwa,MP. Seusai membuka festival tersebut,   mengapresiasi  panitia Penyelenggara yang meyemarakkan festival budaya.” Kita apresiasi Festival Kebudayaan ini, Semoga di tahun berikutnya akan lebih baik dari tahun ini sehingga diharapkan Para Turis baik domestik maupun Mancanegara berkunjung ke Matra untuk melihat Kergaman budaya yang ada di Matra,” Pungkas Ketua DPW PDIP Sulbar Ini(smd)

Berita Terkait: