Didampingi Kadis Pertanian, Gubernur ABM Sambangi Kelompok Tani Salosso di Katumbangan

Gubernur Sulbar, Drs.H.A.Alibaal Masdar bersama Anggota DPR RI Dapul Sulbar H.A.Ruskati Ali Baal didampingi Kadis Pertanian Sulbar,Ir.H.Tanawali,M.AP saat berkunjung ke Desa Katumbangan Kecamatan Campalagian(photo:repro)

BANNIQ.COM.Polewali. Rangkaian Kunjungan kerja Gubernur Sulbar Drs.H.A.Alibaal Masdar(ABM) dirangkaikan dengan Silaturrahim dengan masyarakat di beberapa desa di Kabupaten Majene dan Polman, Pasca Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Rabu kemarin, (20/6/2018) Gubernur ABM didampingi Kepala Dinas Pertanian Sulbar,Ir.H.Tanawali,M AP dan turut dihadiri Anggota DPR RI Dapil Sulbar, Ir.H.Andi Ruskati Alibaal, dan PLH Bupati Polman,Amujib,  berada di Desa Katumbangan Kecamatan Campalagian, dalam rangka kunjungan sekaligus berdialog dengan Petani di Desa twrsebut.

Dalam kunjungan tersebut, dihadiri pula Tokoh Masyarajat Campalagian yang juga Mantan Ketua DPRD Kabupaten Polman,H.Abdullah Tato.

A.Tato, dalam sambutannya mengatakan, kunjungan Bapak Gubernur khususnya ke Lokasi kelompok tani tani salosso disambut antusias dan terimakasih oleh warga.” Kami dan mayarakat dan terkhusus kelompok tani Salosso mengucapjan terima kasih atas kehadiran bapak Gubernur, dengan kunjungan ini semoga  petani semakin bersemangat dalam bertani, dan  Insya allah kunjungan ini  diridhoa oleh Allah,SWT , dan Kendala yang dihadapi oleh petani di sini berupa penggunaan air irigasi kurang tertata dengan baik, akan segara teratasi,” Tandas A.Tato.

Senentara itu, Gubernur Sulbar, ABM pada kesempatan tersebut, berharap kepada masyarakat bahwa untuk keberhasilan dalam bertani semua masyarakat harus senantiasa bekerjasama, rutin melakukan pertemuan, kemudian untuk mengelola prasarana pendukung seperti pengairan,  dan bibit, harus dikelola dengan baik, dan bila memungkinkan, perlu  kerjasama dengan swasta.

Dia menambahkan, untuk bantuan yang dibutuhkan dalam pengembangan dan pengelolaan pertanian, masyarakat mesti berkordinasi dengan pemerintah setempat, kemudian untuk pemerintah Provinsi Sambung Juga akan memberikan bantuan sesuai kewenangannya.” Kita akan anggarkan untuk bantuan bibit kelapa, peremajaan kakao, alat pertanian berskala kecil kita akan bantu sesuai kebutuhan, Kemudian dalam bertani harus senantiasa berserah diri Kepada Allah SWT, agar usaha tani yang dijalankan mendapat Berkah,” Harap Gubernur yabg dikenal Religius ini.

Soal kemajuan bidang pertanian, ABM mencontohkan Negara Malaysia yang dulu belajar ke Indonesia,mereka maju karena konsisten dalam menetapkan usaha tani yang dikembangkan.” Mereka Petani Malaysia maju karena konsisten dalam mebetapjan usaha tani, senentara petani  kita belum  konsisten dalam merencanakan usaha tani apa yang dinkembangkan,” Tambahnya.

Kemudian pada sesi diskusi,  Baharuddin anggota  kelompok  Tani Salosso, berharap kepada Pemkab Polman dan Pemprov Sulbar, untuk masalah
Air irigasi Sering ditutup, Kemudian Dia jufa berharap perbaikan jembatan desa yang menggunakan bahan dasar  kayu kini sudah roboh, kemudian perlunya alat berat untuk mengangkut kayu yang terjatuh ke sungai pada saat banjir.

Permasalahan yang disampaukan oleh Petani tersebut ditanggapi langsung Gubernur ABM, terkait penutupan pintu air itu sudah kesepakatan sesuai pola tanam.” Penutupan air dengan alasan atur pola tanam yang sudah disepakati, nanti Plh Bupati Polman,  akan turunkan Alat berat untuk mengangkat kayu yang jatuh kesungai akibat banjir,” Pungkasnya.

Selain dialog kegiatan ini juga diisi dengan penyerahan Alsintan berupa Combaen Sedang dan alat Tanam(tn/s)

 

Berita Terkait: