Dinas PUPR Majene Segera Bentuk Tim IMB

Banniq.com.Majene

Sebagai upaya untuk mengoptimalkan retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di setiap wilayah. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Majene, segera membentuk tim survei.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas PUPR Majene Adham Yahya, menurut dia, Pihaknya saat ini menjadi teknis penerbitan izin IMB, sesuai Peraturan Presiden (PP) nomor 2 tahun 2017.

“Kalau tim servei sudah terbentuk, maka mereka akan bertugas di wilayah kecamatan
untuk mengukur lokasi dan tinggi bangunan yang akan didirikan, kemudian hasilnya dilaporkan ke Kantor PU melalui bidangnya,” tutur Adham belum lama ini.

Berdasarkan mekanisme yang telah diatur tersebut, sehingga pihak PU menguarkan rekomendasi penerbitan IMB. kemudian yang bersangkutan membayar melalui
Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Majene.

Setelah pemohon melakukan membayar retribusi IMB di pihak Dispenda, maka rekomendasi pemohon kata Adham, kemudian akan di lanjutkan ke Kantor Dinas PMPTSP (Penanaman Modal Perizinan Satu Pintu) Majene, untuk penerbitan IMB.

“Jadi kami tidak bersentuhan dengan pembayaran, karena Dinas PU hanya sebatas teknis
saja,” ujar Adham.

Lebih jauh Adham menjelaskan, jika selama ini banyak bagunan di wilayah kecamatan yang telah terbangun, namun tidak memiliki IMB. Hal ini karena faktor pelayanan perizinan jauh dan terutama di wilayah pedesaan.

“Untuk memperoleh IMB harus mendapatkan sertifikat layak fungsi berdasarkan ketentuan undang-undang ini,” tandas Adham.

Ia menambahkan, kewajiban untuk melengkapi setiap pembangunan rumah dengan IMB berlaku kepada setiap orang, dan tidak ada pengecualian tertentu untuk penduduk yang ada di Majene.

“Pelaksanaan kewajiban untuk melengkapi pembangunan rumah dengan IMB berkaitan dengan kesadaran hukum masyarakat dan juga penegakan hukum dari pihak pemerintah
daerah,” kuncinya.(cha/s)

Berita Terkait: