Dinkes Target 95 % Mateng Bebas Measeles Rubela

Kadis Kesehatan Kabupaten Mamuju Tengah, Setya Bero,SKM(Photo:smd)

BANNIQ.COM.Topoyo. Pencegahan terhadap menjangkitnya virus Measeles Rubela (MR) untuk ansak umur 9 bulan sampai 15 tahun, terus digalakkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), salah satunya melalui kegiatan Sosialisasi Vaksin RM bagi tenaga kesehatan se  Kabupaten Mateng, Kamis,(26/7/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju Tengah, Setya Bero,SKM di sela kegiatan Sosialisasi tersebut menjelaskan bahwa, vaksin RM merupakan vaksin untuk mencegah menjangkitnya virus MR kepada anak umur 9 tahun sampai 15 tahun.”  jika MR mengjangkiti ibu hamil  dapat menyebabkan keguguran,” Jelasnya.

Virus Rubella sambung Setya Bero penyebarannya melalui butiran liur yang terbuang ke udara yang dikeluarkan penderita saat bersin dan batuk, untuk itu untuk mencegah penyebaran virus tersebut harus digalakkan vaksin RM.” Selama dua bulan vaksin RM ini harus diberikan ke anak-anak di Mateng agar terbebas dari virus  Rubella untuk tahun 2018 ini target kita 95% anak-anak Mateng bebas dari Rubella,” Harap kadis yang dikenal visioner ini.

Untuk pelaksanaan vaksin itu sendiri Sambung Setya, pihaknya melibatkan tenaga medis baik dokter, Bidan maupun perawat yang memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) untuk meyakinkan kompetensi mereka.” Yang terlibat dalam sosialisasi dan pelaksaan vaksin RM ini adalah tenaga kesehatan yang memiliki STR, sebagai jaminan bahwa mereka dapat melakukan tindakan sesusi kompetensi yang dimilikinya,” Jelasnya.

Masih kata Kadis yang dikenal kaya pengalaman terkait pengembangan bidang kesehatan ini, selain melibatkan tenaga medis yang kompeten titandai surat STR, Pihaknya juga melibatkan Tokoh agama mengingat pro kontra terkait vaksin MR tersebut.” Vaksin MR ini masih pro kontra, khususnya tentang terkait syariat agama, makanya kita libatkan para tokoh agama dalam kegiatan vaksin ini agar dapat memberikan pemahaman,” Pungkas Kadis yang dikenal Familiar ini(smd)

Berita Terkait: