Distan Berharap UPH Perkebunan jadi Pengusaha yang Handal

Kepala Dinas Pertanian Sulbar, Ir.H.Tanawali,M.AP, saat membuka Bimtek Pengolahan Hasil Perkebunan di meeting room Lt 2 Hotel Srikandi Mamuju(photo:repro)

#ADVERTORIAL#

BANNIQ.COM.Sulbar.Pengolahan Hasil perkebunan di Provinsi Sulawesi barat saat ini masih belum optimal, baik dari aspek kualitas, kuantitas dan kontinyuitas oleh unit-unit pengolahan yang ada, untuk itu diperlukan satu kesadaran dan kemampuan petani dalam penguasaan teknologi pengolahan hasil perkebunan.Demikian diutarakan Kepala Dinas Pertanian Sulbar,Ir.H.Tanawali,M.AP. saat membuka Bimtek Pengolahan hasil perkebunan di meeting room lantai 2 Hotel Srikandi Mamuju, Minggu(11/11/2018).

Menyadari pentingnya pengembangan agro industri pedesaan, yang dapat meningkatkan pendapatan petani dan membuka lapangan kerja di pedesaan sebut Tanawali, maka untuk mencapai hal tersebut kemampuan para pengelola Unit Pengolahan Hasil (UPH) perkèbunan harus terus dikembangkan dan ditingkatkan melalui Bimbingan teknìs(Bimtek).

” Untuk itulah kita berharap melalui Bimtek ini dapat lebih meningkatkan kemampuan dan skill para pengelola UPH perkebunan yang mengikuti kegiatan ini, juga diharapkan terjalinnya networking yang baik antara petugas dan pembina UPH baik di daerah masing-masing maupun antara daerah,” Papar kadis yang dikenal dekat dengan petani di Sulbar ini.

Dengan networking tersebut sambung Mantan penyuluh pertanian andalan Nasional ini, diharapkan akan sangat bermanfaat dalam membangun komunikasi dan informasi dalam rangka pengembangan dan pengolahan usaha hasil perkebunan tersebut, yang tentunya harus dibarengi dengan pembinaan dan bimbingan dari instansi terkait.

Lebih jauh Tanawali berharap kepada para pengelola UPH perkebunan di Sulbar untuk mengembangkan potensi diri dalam mengelola hasil perkebunan agar nantinya menjadi unit Bisnis yang profesional dan dapat mengsejehterakan anggotanya.

Dengan demikian masih kata Tanawali, pada akhirnya UPH tersebut diharapkan menjadi pengusaha yang handal dalam pengolahan hasil perkebunan dengan mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki.

” Dengan mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki, Kita semua berharap pengelola UPH ini dapat menjadi pengusaha yang handal, sehingga dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahterasn para anggotanya,” Pungkasnya(smd)

Berita Terkait: