Distanak Mamuju Sebut Belum Cairnya Dana Kelompok Tani Karena Kendala Teknis

Mamuju.Banniq.Com.Belum cairnya anggaran Kelompok Tani di Kabupaten Mamuju untuk Tahun 2017,  ďisebabkan oleh kendala teknis, berupa Rekening kelompok tani yang kemungkinan tidak aktif karena isinya nihil, kendala teknis lainnya Kelompok tani bersangkutan enggan menerbitkan Atau mengurus Rekening Bank karena tidak ingin repot.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Perbenihan Distanak Mamuju, Fandy Yofan,S.IP Kamis(1/3/2018). Fandy menambahkan kemungkinan lain atas tidak atau belum cairnya kelompok tani tersebut karena berada di bidang lain yang tidak menjadi Kewenangan Dinas Pertanian.” Ini kan dua komponen pak, ada pertanian dan ada di perkebunan, jika kelompok tani bersangkutan berada pada komponen Perkebunan, artinya administrasi pencairannya tidak berada di Dinas Pertanian,” Terangnya.

Kendati demikian, sambung Fandy pihaknya tetap rutin turun lapangan untuk meminta ke kelompok tani  membuka rekening untuk menyalurkan dana mereka.” Kami terus ke kecamatan menemui kelompok tani kami minta mereka buka rekening untuk menyalurkan dana mereka, yah tetapi sebahagian mereka tidak mau repot mengurus karena mereka berfikir biaya pengurusan,” Ujar fandy lagi.

Untuk tahun 2018 Fandy berharap kendala teknis yang dihadapi di Tahun 2017 tidak terjadi lagi di tahun 2018 karena Sudah ada MUO dengan pihak Bank BNI sebagai Bank yang dipercaya menyalurkan bantuan ke kelompok tani.” Kita berharap kendala teknis di tahun 2017, tidak terjadi lagi di tahun 2018 ini, karena sudah ada MOU dengan Bank BNI sebagai Bank yang dipercaya untuk menyalurkan dana  kelompok tani tersebut,” pungkasnya.(smd)

Berita Terkait: