DKP Majene Intens Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar

Keterangan: Kadis DKP Majene,Budi Sulistyo(photo:chali)

Banniq.com.Majene

Sebagai upaya untuk menumbuhkan minat masyarakat terhadap konsumsi Ikan Air tawar, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kabupaten Majene saat ini berupaya meningkatkan budidaya ikan air tawar.

Pada tahun 2017 ini DKP kabupaten Majene akan kembali mengembang biakan sekira 20.000 bibit ikan Lele dan Ikan Nila. Menurut Kepala DKP kabupaten Majene Budi Sulistiyo, pengembang biakan bibit ikan tersebut dilakukan di pusat Pembibitan ikan DKP yang ada di Desa Bababulo Kecamatan Pamboang.

“Kita sementara buat bak kolam ikan air tawarnya di Bababulo, dan akan kita coba sebar benihnya sesudah Lebaran,” Kata Budi di ruangannya Selasa (13/6/17).

Pengembangan budidaya Ikan air tawar kata budi, dilakukan juga agar kebutuhan konsumsi Ikan segar selalu terpenuhi. Budidaya Ikan air tawar dapat membatu ketersedian jenis ikan konsumsi di Kabupaten Majene.

“Majene sebagai kota Pendidikan akan banyak dikunjungi orang luar yang mungkin saja tidak terbiasa makan ikan laut, selain itu Ikan air tawar bisa jadi alternatif jika ikan laut susah di dapat karena cuaca buruk misalnya,” tandasnya.

Ikan air tawar menurut Budi, memiliki banyak kelebihan, salah satunya karena kandungan nutrisi yang dimiliki ikan air tawar sangat baik bagi kesehatan. Selain itu pemeliharaan ikan air tawar cenderung mudah dan efisien.

“Ikan air tawar itu mudah perawatannya, tidak perlu selalu diganti airnya, cepat masa panennya dan mudah dijangkau,” bebernya.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, bahwa setelah bibit Ikan tersebut berkembang maka pihaknya akan melakukan pembesaran Ikan di kawasan Tunda lingkungan Kampung Baru Banggae Timur.

“Karena kita masih terkendala anggaran jadi saat ini kita hanya sebatas membuat pondasi kolam di Kawasan Tunda dan akan akan kami benahi lagi kolamnya, rencananya akan kami pagar,” ungkapnya.(cha/s)

Berita Terkait: