DKP Sulbar Maksimalkan Fungsi Pelabuhan Perikanan Palipi

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulbar,Ir.H.Parman Parakkasi,M.Sc.(photo:dok)

BANNIQ.COM.Sulbar.Potensi perikanan dan kelautan yang dimiliki oleh provinsi Sulawesi Barat, sangat kompetitif dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, baik dari sektor perikanan tangkap maupun budidaya Perikanan Air tawar maupun potensi biota lau lainnya seperti rumput laut.

Guna memaksimalkan pengembangan potensi tersebut, harapannnya adalah pembangunan Industri Perikanan yang dikelola oleh SDM yang terampil dalam bidang tersebut.” Baru-baru kami mendapat kunjungan dari peneliti dari IPB, mereka melakukan pendataan tentang potensi perikanan dan kelautan yang dimiliki Sulbar, dan mereka mengkaji kontribusi sektor Kelautan dan perikanan untuk pertumbuhan ekonomi di Sulbar, ” Papar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan(DKP) Sulbar Ir.H.Parnan Parakkasi,M.Sc, Selasa(28/8/2018).

Dari pengkajian tersebut, dan berdasarkan diskusi-diskusi dengan teman-teman   di Grup WA Orang Sulbar, sambung Parman bahwa memang  untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sulbar dari sektor perikanan dan kelautan maka hal yang harus dilakukan pemerintah adalah pengembangan industri perikanan yang berbasis Pelabuhan perikanan.

Kemudian untuk pengembangan tersebut, Provinsi Sulawesi Barat saat ini  secara kontinyu telah melakukan pembenahan dan pembangunan pelabuhan Palipi sebagai Pusat Pelabuhan perikanan di Sulbar, mengingat anggaran yang tersedia tidak memungkinkan untuk mencari lokasi baru untuk pengembangan pelabuhan Perikanan.” Kita maksimalkan pelabuhan yang telah ada, seandainya didukung anggaran yang lebih besar kita dapat mencari lokasi untuk pembangunan pelabuhan perikanan yang baru, nah karena anggaran terbatas kita maksimalkan yang telah ada, yakni pelabuhan Palipi,” Imbuhnya.

Untuk pengembangannya, sebut Parman untuk tahun Anggaran 2019 DKP Sulbar berharap pengembangan Pelabuhan Palipi akan mendapatkan Suntikan  anggaran dari DAK yang   kurang lebih dengan bantuan DAK pelabuhan Palipi sebelumnya sekitar RP. 7 M.

” Kita terus berkomunikasi dengan pihak kementaerian untuk pengembangan pelabuhan perikanan palipi, Untuk tahun Anggaran  2019  nanti, kita berharap Pemerintah Pusat kembali mengucurkan anggaran yang tidak kurang dari Anggaran DAK sebelumnya yakni sekutar Rp.7 M untuk menuntaskan pembangunan pelabuhan tersebut,”  Pungkas Alumni Magister Perikanan di salah satu Perguruan Tinggi di Camberra Australia ini.(smd)

Berita Terkait: