Finalisasi Program TORA, Menunggu Juknis dari Kemenko Perekonomian

Kadis Kehutanan Sulbar,Ir.Fakhruddin Hade,M.Si(photo:smd)

Banniq.Com.Sulbar. Pengusulan sertifikat Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) yang telah berlangsung sejak beverapa bulan lalu, untuk Permohonan dari Kabupaten se Sulbar sudah masuk semua ke Sekretariat.” Secara teknis tIdak ada kendala, namun berdasar  regulasi semua daerah di Indonesia  masih menunggu Juknis dari Kemenko Perekonomian tentang Tata Cara Penyelesaian Penguasaan Tanah di Kawasan Hutan ( PPTKH) dalam rangka Penyediaan Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA),” Terang Kadis Kehutanan Provinsi Sulbar, Ir.H.Fakhruddin,M.Si, Senin(9/4/2018).

Seperti diketahui Sambung Fakhruddin,   bahwa PPTKH dalam rangka Penyediaan TORA ini adalah Program Nasional Lintas Kementerian, bukan hanya Kementerian LH-Kehutanan saja, tetapi melibatkan Kementerian ATR/BPN, Kementerian Dalam Negeri, dan lain-lain .dan sebagai  Program Nasional, maka DIPA Kegiatan dan  Anggaran PPTKH dalam rangka TORA ini ada di BPKH VII Makassar  sebagai UPT-nya Kementerian LHK. ” Jadi  untuk bisa menggali informasi lebih detail terkait Program ini bisa menghububgi  langsung BPKH Wilayah VII Mks, sekaligus untuk  membantu menindak lanjuti percepatannya,” Imbuhnya.

.Terkait Anggaran TORA di BPKH VII Makassar, masih kata Fakhruddin, dirinya  juga terus-menerus menanyakan tentang Keterlambatan Pencairan Anggaran Program TORA ini.” Jawaban pihak BPKH yakni   menunggu Juknis dari Kemenko Perekonomian,”

Berita Terkait: