Gubernur Sulbar Launching Ekowisata Tapandullu

Banniq.com.Sulbar

Satu lagi obyek wisata  sebagai tempat untuk rekreasi dan Week End Masyarakat Sulbar,Hadir Di Mamuju Sulbar yakni Ekowisata Berkah Pantai Tapandullu  yang secara resmi dilaunching Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, Senin, 10 Juli 2017
Dalam sambutannya,ABM  menyampaikan dukungannya  dan apresiasinya terhadap Ekowisata Pantai Tapandullu, Mamuju.
“Bagi masyarakat dan kita semua bahwa ini adalah peluang yang bagus untuk mengembangkan dan Menjaga Wilayah wisata secara  bersama-sama , dan Jika ke depan masih ada  pemandangan yang lebih bagus,  jadikanlah tempat wisata dan saya akan mensupportnya, lembaga lain seperti perbankan pasti juga akan memberi suffort yang sama,” Ujarnya.
Pada kesempatan itu pula,ABM meminta agar kiranya obyek wisata tersebut bisa dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik, dan yang paling penting kata ABM menjaga dari Ancaman Abrasi”  Yang tidak kalah penting  adalah  perlindungan terhadap ancaman   abrasi.,” Imbuhnya.

Masih kata ABM untuk kedepan, diharapkan Wisata Pantai Tapanddullu tidak seperti wisata di Pantai Wisata Mampie yang lambat laut akan habis karena akibat abrasi Pantai.
Kepada semua investor yang ingin mengembangkan kawasan wisata seperti Di Tapandullu kata ABM,pemerintah tetap akan memberi suffort“Kami pihak pemerintah memberikan support kepada semua pengembangan wisata di Sulbar, dan pengembangan wsiata juga mejadi salah satu visi misi saya sebagai Gubernur. Diharapkan, dengan berdirinya wisata ini, masyarakat disini juga menjadi betah. Orang berwisata harap untuk tidak diganggu, justru memberikan kenyamanan, keamanan dan keindahan,” Harapnya.

Kemudian aspek lain yang mendukung keberhasilan sebuah obyek wisata kata ABM, harus didukung  infrastruktur jalan.

” sebagai salah satu bentuk dukungan kami dari aspek infra struktur mulai dari Belang-belang sampai ke Tappalang, kami usahakan jalannya terbuka , dan memuluskan  jalanan tersebut tahap demi tahap, “Pungkasnya.
Pada kesempatan yang sama, Bupati Mamuju, Habsi Wahid  juga menyampaikan, dukungannya terhadap pengembangan   eko wisata berkah Tapandullu, karena mampu membuka peluang ekonomi di Kabupaten Mamuju, khususnya di Provinsi Sulbar .
“Dengan terbukanya wisata ini tentunya akan membuka peluang-peluang bisnis serta peluang-peluang ekonomi yang multiplayer sebagai dampak daripada wisata dan banyaknya hal-hal tercipta peluang tersebut, ” Terang Habsi.
Ditambahkan Habsi bahwa Pemkab Mamuju akan memberikan support dan fasilitas sesuai dengan kewenangan Pemkab Mamuju. Untuk Pemkab Mamuju merencanakan dalam bentuk spot-spot, untuk menanggarkan khusus jalan losa, jalan lebani, dan jalan papankan , jumlahnya sebesar lima miliar , “Insyallah untuk tahun ini dari Mamuju ke Tappalang jalannya kita bisa lewati dan nyaman untuk dilewati. Untuk wisata tapandullu, kami juga akan memasukkan pipa-pipa yang disini karena belum ada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang masuk agar bisa mengalir air bersih di tempat-tempat wisata. Kita juga berharap dapat bekerjasama dengan provinsi untuk perbaikan jalan Mamuju ke Tappalang, karena kabupaten yang merintis kemudian provinsiyang meperhalus jalanan,”kata Habsi.
Kepala Badan Penelitian dan Pegembangan , Jamil Barambangi  pada kesempatan itu juga  menyampaikan bahwa bulan Oktober tahun lalu wisata tersebut mulai dirintis. Tahap  demi tahap dikembangkan sampai berkembang seperti saat ini.
“ Pemilihan lokasi sendiri sebanyak 7 kali , karena sedikit-sedikit kami beli kapling kurang lebih panjangnya 200 meter dan lebarnya sekitar 45 meter sampai 2 hektar lokasi tersebut. Pengunjung – pengunjung datang pada setiap hari Minggu dan datang berkisar 5000 pengunjung dan hari-hari tertentu/libur bisa mencapai 7000 pengunjung yang datang . Itu dicek dari karcis yang terjual.
Kami kewalahan melayani untuk menginap di vila-vila sampai full, ada 21 kamar. Dan kami masih kekurangan, Insya Allah kami akan lengkapi , juga kami membangun dermaga mini dengan sisi 6 kali 4. Pengunjung bukan hanya warga Mamuju tetapi juga ada yang dari Makassar serta enam Kabupaten ada di Sulbar .Kami juga akan membangun mushollah dan restoran. Kami mengharapakan kiranya Gubernur dan Bupati memperhatikan jalan menuju ke wisata tersebut”,kata Jamil.
Dalam kegiatan tersebut selain Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, juga turut hadir Kapolda Sulbar Brigjen Pol Nandang ,Bupati Mamuju Habsi Wahid, Danrem 142 Tatag Kolonel Inf. Taufiq Shobri, Kepala BNN Kombes Pol Dedi Sutarya, Perbankan, Ketua DPRD Kabupaten Mamuju Sitti Suraedah Suhardi, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Jamil, Kepala OPD Provinsi/ Kabupaten ,tokoh masyarakat Tapandullu, serta undangan lainnya. (hms/il/s).

Berita Terkait: