Gubernur Sulbar Serap Aspirasi Warga Matangnga

BANNIQ. COM.Polman. Pasca Lebaran, Gubernur Sulbar,Drs.H.A.Alibaal Masdar, Intens melakukan silaturrahim dengan Masyarakat di Sulawesi Barat. Kemarin Malam Gubernur Sulbar, Mengikuti Kegiatan Halal Bi Halal dengan masyarakat Salu Tambung Kecamatan Ulumanda.

Hari ini, Selasa,(19/6/2018) Gubernur Sulbar,ABM, lakukan kunjungan kerja yang dibalut dengan kegiatan Silaturrahim dengan masyarakat  Kecamatan Matangnga, yang didampingi Kadistanak Sulbar,Ir.H.Tanawali,M.AP dan Kadisdikbud Sulbar, Drs.H.M.Arifuddin Toppo,MM.

Kecamatan Matangngnga dengan pendudik 5.000 KK, dengan potensi persawahan seluas  200 HA, dengan jumlah desa sebanyak 6 Desa dan 1 Kelurahan.Kemudian potensi yang dimiliki seperti Perkebunan, Holtikultura, dan peternakan.

Kendala yang dihadapi masyarakat di Kecamatan Matangnga yang disampaukan oleh masyarakat ke Gubernur Sulba.” Kami sampaikan bahwa masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh Masyarakat, Antara lain masalah Jalan dan Jembatan, Belum adanya Jaringan Telekomunikasi, Minimnya sarana dan Prasarana Pertanian dan minimnya biaya bagi masyarakat yang ingin melanjutkan study anaknya,” Ujar M.Nasir Seorang tokoh masyarakat Matangnga.

Merespon aspirasi yang disampaikan oleh Masyarakat Matangnga tersebut khusus yang terkait pertanian, Kadis Pertanian Provinsi Sulbar, Ir.H.Tanawali,M.AP menyatakan siap menindak lanjuti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.”  Untuk sarana dan Prasarana Pertanian, kami memberikan bantuan berupa Combain hervasr sedang 1 unit untuk kelompok tani karya Tani desa Rangoang Kecamatan  Matangnga tahun 2018 ini dan Hand traktor diupayakan tahun ini juga,” Beber Tanawali.

Selain itu, Sambung Tanawali  Gubernur juga  berharap kepada Dinas Pertanian untu Memfasilitasi juga embun untuk irigasi pada lahan sawah yg telah dicetak.

Kemudian untuk Bidang Kehutanan, Masih kata Tanawali  Gubernur  juga berharap adanya membibitkan kayu untuk penghijauan hutan, masyarakat akan gratis menerima bibit komoditi kehutanan,serta  merekruit pemuda tani untuk magang ke Enrekang dalam rangka pengembngan tanaman sayur yang sangat potensi di matangnga.

Kemudian terkait pembenahan jalan yang rusak parah, ABM menegaskan bahwa pada Tahun Anggaran 2019 jalan ke Matannga sudah akan mulus.

”  Insya Allah tahun 2019 sudah mulus, kami juga akan  men drop Alat berat eskapator setelah selesai digunakan di Ulumanda baru di drop ke matangnga, dan mengenai jaringan telokomsel kami akan perjuangkan 1 unit Tower, hal tersebut penting karena tahun depan Siswa yang ujian sudah bisa laksanakan UNBK,” Tandas Gubernur yang enerjik ini.

Kemudian untuk membantu menfasilitasi kelanjutan study, Pemprov Sulbar melalui Kadisdikbud akan memberikan   Bea Siswa, kepada  4 org siswa untuk dikuliahkan di UNM jurusan matematika, biologi, fisika dan kimia(nr/sm)

 

Berita Terkait: