Gubernur Sulbar Serahkan Dokumen Pokok-pokok Pikiran Kebudayaan Daerah ke Kemendikbud

Gubernur Sulbar, Drs.H.AM.Alibaal Masdar saat menyerahkan Dokumen Pokok-pokok Pikiran Kebudayaan Daerah ke Mendikbud RI Muhadjir Efendy (photo:repro)

#ADVERTORIAL#

BANNIQ.COM.Jakarta. Menindak lanjuti amanah Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Kebudayaan, maka setiap Kepala daerah diwajibkan menyerahkan Dokumen Pokok-Pokok Pikiran Kebudayaan yang ada di  Daerahnya.Pemprov Sulbar yang diwakili langsung Gubernur Sulbar, Drs.H.A.M.Alibaal Masdar,M.Si, Rabu(17/10/2018) menyerahkan langsung pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah ke Kemendikbud di Jakarta.

Dalam sambutannya, Mendikbud Muhadjir Efendy mengungkapkan kesyukurannya karena sejak Indonesia merdeka 73 tahun lalu, baru per5ama kali memiliki payung hukum khusus tentang Kebudayaan, yakni Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Kebudayaan.

” Satu hal yang patut disyukuri bahwa dalam kurun waktu  73 tahun Indonesia merdeka inilah kali pertama Indonesia memiliki payung hukum/regulasi tentang Kebudayaan,”  kata Muhadjir

Dia menguraikan lebih jauh  bahwa pada bulsan Desember 2018 dua bulan ke depan, akan  kembali diadakan Kongres Kebudayaan Indonesia yang selama ini rutin dilaksanakan 5 tahun sekali. Pelaksanaannya kali ini akan dipusatkan di Jakarta .

Dengan diterimanya Pokok-pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) tersebut, masih Muhadjir  maka diharapkan bisa mempercepat strategi pengembangan kebudayaan Indonesia yang didalamnya terdiri dari budaya-budaya yang hidup dan berkembang dari daerah sekaligus juga mampu memperkokoh ketahanan nasional.(zul/s)

Berita Terkait: