IPB Diharap Beri Sentuhan Inovasi Untuk Pengelolaan Potensi Kelautan dan Perikanan Sulbar

Banniq.Com.Jakarta. Salah satu komponen Kesepakatan dan Kesepahaman (MOU) Antara Pemprov Sulbar yang Ditandatangani Gubernur Alibaal Masdar dengan Rektor IPB, Senin Kemarin(26/2/2018) yakni Bidabg Perikanan dan kelautan.

Kepada laman ini,Selasa(27/02/2018) via WA Kadis Perikanan dan Kelautan Pemprov Sulbar, Ir.Parman Parakkasi,M.Sc menjelaskan bentuk kerjasama antara Pemprov Sulbar dengan IPB, dari aspek kelautan dan perikanan,  menekankan pada dua pokok persoalan utama yakni bagaimana menghadirkan inovasi dalam pengoptimalan unsur hulu dan hilir.

Disektor ini, Urai Parman, Pada sisi hulu upaya kongkrit untuk menggenjot produksi perikanan baik dari hasil tangkapan maupun dari budidaya sangat membutuhkan sentuhan inovasi dari IPB sebagai kampus inovasi berupa hasil penelitian dan kajian terapan yang mudah diaktualisasikan di Sulbar kedepan.

” contohnya bagaimana menciptakan bibit yang berkualitas seperti rumput laut, udang vanname dan  windu,  kepiting serta ikan bandeng dan spesies budidaya perairan lainnya yang mampu menghasilkan produksi yang berlipat ganda jika dibandingkan dengan sentuhan alamiah atau  tradisional,” Beber Parman.

Demikian pula untuk perikanan tangkap Sambung Parman, dibutuhkan infut teknologi yang sederhana dan tepat guna
Dalam rangka menggenjot hasil tangkapan nelayan.

Dari Sisi hilir masih Parman, menekankan pada upaya menghadirkan inovasi pengolahan produk perikanan yang bermutu dan berdaya saing tinggi tapi dapat terjangkau oleh masyarakat kecil.

“Dari sisi ini kita berharap  akan mampu mendongkrak lahirnya UMKM yang handal,  profesional dan mampu Mensejahterakan mereka demi terwujudnya sulbar maju dan malaqbiq,” Pungkasnya (smd)

Berita Terkait: