Jumlah Penduduk Miskin di Kabupaten Majene Meningkat Tahun ini

Banniq.Com.Majene

Sejumlah data dipaparkan Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Majene saat menggelar Ekspose Data Strategis di Hotel Villa Bogor Majene. Rabu, (15/11/17).

Diantaranya data Kemiskinan, data Kondisi Perekonomian Kabupaten Majene 2016 dan data Inflasi pada tahun ini.

Berdasarkan data Kemiskinan yang di paparkan pada kesempatan tersebut, jumlah penduduk miskin  meningkat dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2017 jumlah dan presentase penduduk miskin kabupaten Majene berjumlah 25, 77 dengan presentase 15,31 persen. Sedangkan pada tahun 2016 jumlahnya 24,69 dengan persentase 14,89 persen.

Sedangkan garis Kemiskinan di Kabupaten Majene terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2010 saja, garis Kemiskinan di Majene berjumlah 220.059. Hingga tahun 2017 ini pihak BPS Majene sudah mengeluarkan data 336.765.

Sementara untuk data Kondisi perekonomian Kabupaten Majene dari tahun 2013 hingga 2016 terus mengalami kenaikan. Pada tahun 2013 jumlah Pertumbuhan Ekonomi Majene berkisar 5,55 persen sedangkan pada tahun 2016 jumlah pertumbuhan ekonomi Majene berkisar 6,01 persen. Kabupaten Majene berada urutan ke empat di Sulbar menyusul kabupaten Mamuju Tengah dan Utara.

Untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di kabupaten Majene berada di posisi sedang dimana nilainya berada pada kisaran 60 – 70 yang artinya status pembangunan di daerah tersebut tergolong sedang. Secara kurun waktu enam tahun terakhir, capaian pembangunan manusia di tingkat Provinsi Sulawesi Barat maupun di Kabupaten Majene terus membaik. Secara keseluruhan kabupaten Majene tercatat memiliki IPM yang lebih tinggi dibanding IPM tingkat Provinsi. Di tingkat Sulbar Majene berada pada posisi ke enam.

Kemudian untuk data Inflasi, kabupaten Majene mengalami pasang surut dari bulan Januari hingga Oktober 2017. Di bulan Januari Ekonomi Majene mengalami Inflasi namun pada bulan Oktober Kabupaten Majene mengalami Deflasi.

Kepala BPS kabupaten Majene Syihabuddin dalam sambutannya mengatakan Data kriteria data strategis adalah selalu terupdate dan terjamin kekiniannya. Data Strategis banyak digunakan untuk berbagai Kajian. Dapat menggambarkan fenomena dan bahkan mempengaruhi kondisi sosial ekonomi Nasional. Data Strategis diseminasinya dinantikan oleh berbagai pihak.

“Data Strategis BPS adalah untuk meningkatkan pemahaman Masyarakat terhadap data strategis yang dihasilkan BPS meliputi data – data dasar yang dihasilkan,” kata Syihabuddin dalam sambutannya.Rabu (15/11/17).

Kata dia, data yang dipaparkan adalah data yang diperoleh dengan berbagai metodologi sehingga data tersebut bisa saja berbeda dengan beberapa data yang dikumpulkan organisasi lain.(cha/s)

Berita Terkait: