KB IKA 2005 SMP Neg.2 Mamuju Bagikan Paket Sembako

Banniq.com.Mamuju

Memeriahkan semarak bulan suci ramadan dapat dilakukan dengan berbagai aksi sosial, terutama bersedekah. Hal itu telah menjadi tradisi dalam masyarakat, terlebih bagi umat muslim. Sebab, tak lengkap rasanya jika belum berbagi.

Di berbagai tempat bisa kita temui berbagai aksi nyata yang menyerukan untuk berbagi. Tak terkecuali yang dilakukan pemuda yang tergabung dalam Keluarga Besar Ikatan Alumni 2005 (KB IKA 2005) SMP Negeri 2 Mamuju, pada Sabtu 17 Juni 2017.

Di penghujung bulan suci ramadhan kali ini, KB IKA 2005 SMP Negeri 2 Mamuju menggelar pembagian paket sembako berupa beras, susu, telur dan gula. Paket sembako tersebut menyasar sembilan rumah tangga miskin di beberapa wilayah Kabupaten Mamuju. Diantaranya, terdapat di Jalan Andi Dai, Jalan Pattimura, dan Jalan KS Tubun.

Salah satu anggota KB IKA 2005 SMP Negeri 2 Mamuju, Rahmat Ikhsan Mappangara, menjelaskan sembilan rumah tangga miskin tersebut dipilih berdasarkan hasil survei yang dilakukan tiga minggu sebelum pelaksanaan kegiatan. “Survei dilihat dari kondisi rumah. Dan memang untuk kabupaten Mamuju sendiri kami temukan sembilan rumah tangga (Kartu Keluarga, red) sangat miskin yang layak menerima bantuan,” jelasnya, saat ditanyai di sela-sela kesibukannya, di Jalan Yos Sudarso Mamuju, Sabtu 17 Juni.

Dalam satu paket sembako, jelas Rahmat Ikhsan, jika di konversi ke dalam rupiah mencapai sekira Rp 400 ribu per paketnya. Artinya, total dana yang digunakan untuk menyediakan sembilan paket sembako yang dibagikan kepada rumah tangga miskin tidak kurang dari Rp 3.600.000. “Dananya berasal dari partisipasi alumni angkatan 2005 (SMP Negeri 2 Mamuju, red),” imbuh pria berambut botak ini.

Lebih lanjut, melalui keterangan tertulis, ia menambahkan bakti sosial ini diharapkan dapat menjadi pemantik berbagai pihak untuk menumbuhkan semangat berbagi. “Bulan Ramadhan jangan hanya di pandang sebagai ritual ibadah antara Hamba dengan Tuhan-nya. Tetapi juga antara sesama manusia dengan cara memberi,” tulisnya, via Line.

Sekedar informasi, jika mengacu pada data terakhir Dinas Sosial Mamuju terkait masyarakat yang belum sejahtera di 11 kecamatan mencapai 3.015 KK. Data tersebut juga sesuai dengan data terakhir jumlah penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) untuk rumah tangga miskin di wilayah Mamuju.

Dan itu berarti, masih banyak masyarakat yang membutuhkan uluran tangan meski sekedar untuk meringankan beban, terlebih menyambut perayaan idul fitri 1438 H yang hanya tersisa beberapa hari lagi. “Ibadah di bulan ramadhan tak cukup hanya salat dan puasa, tetapi juga mesti di imbangi dengan bersedekah,” tutupnya.(sul/s)

Berita Terkait: