Kejari Matra periksa 13 Saksi Terkait Dugaan Korupsi Oknum Kades Lariang

m2u00336_avi1_canopus_dv_pal_00011

Banniq.com.Pasangkayu

Penanganan kasus penyalahgunaan Dana Desa yang diduga melibatkan (AF) oknum kepala Desa Lariang Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Mamuju Utara (Matra) terus bergulir, tak tangung tanggung pihak kejari Matra-pun telah memeriksa 13 orang saksi namun sampai saat ini belum satupun tersangka yang ditetapkan.

Kepala Tindak Pidana Khusus (KAPIDSUS) Kejari Matra Hidjas Yunus. Mengatakan, setelah meningkatkan  kasus dari penyelidikan ke penyidikan, sejauh ini belum ada penetapan tersangka karena kasus ini masih terus dikembangkan dengan memeriksa sejumlah saksi, dengan menambahkan keterangan dari kepala Dusun (Kadus, red) serta ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di desa Lariang, Senin 24 Oktober kemarin.

“Kami sudah memeriksa kepala dusun dan Ketua BPD untuk menambahkan keterangan, jadi sejauh ini kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap 13 orang saksi, dimana sebelumnya hanya lima” jelas Hidjas Yunus via Handphone.

Kata Hidjas, berdasarkan keterangan dari kepala dusun dan Ketua BPD yang diperiksa, bahwa selama ini mereka tidak pernah menerima uang perjalanan dinas dari kepala desa Lariang.

Berdasarkan tambahan keterangan tersebut, penyidik Kejari Matra menyatakan (AF) Kades Lariang sebagai calon tersangka namun pihaknya belum menetapkan kades lariang sebagai tersangka, karena sesuai Standar Oprasional Prosedur (SOP) berdasarkan surat edaran dari KPK, bahwa untuk menetapkan tersangka itu harus benar-benar matang.

” sejauh ini kadesa lariang baru calon tersangka, karena untuk menetapkan tersangka tetap, harus matang sesuai SOP berdasarkan surat edaran KPK” tegas Hidjas.

Berdasarkan keterangan sebelumnya (M) sebagai pelapor, sangat menyayangkan sikap penyidik Kejari Matra yang dinilai sangat lambat dalam menangani kasus penyalahgunaan APBDes tahun 2015 yang diduga melibatkan oknum Kades Lariang.

“Sebenarnya ini sudah bisa dijadikan tersangka itu Kepala Desa, karena bukti-bukti dan saksi-saksi sudah lengkap, baik dari saya maupun yang didapat penyidik sendiri” tegasnya.(joni/smd)

 

Berita Terkait: