Kelak Rumah Sakit Bayangkara Mamuju Berfungsi, Kapolda Himbau IPAL Dikelola Dengan Baik

Banniq.Com.Sulbar. Rumah Sakit Bayangkara Mamuju, yang merupakan Rumah sakit Bayangkara ke 48 di Indonesia, dan  tahun ini rencananya akan segera difungsikan, mengingat bangunan Rumah Sakit Institusi Kepolisian tersebut telah didukung oleh berbagai persiapan vaik gedung maupun Alkes, juga untuk penanganan Instalasi Pengelolaan Air Limbah(IPAL).

Pertanyaan tentang Pengelolaan limbah rumah sakit Bayangkara Mamuju kelak bila sudah difungsikan, mencuat di Acara Coffe Morning Kapolda Sulbar bersama Pimpinan Bank se Mamuju Sulbar, Rabu(28/2/2018)

Kapolda Sulbar, Brigjend Pol Drs.H.Baharuddin Djafar, mengapresiasi pertanyaan terkait limbah Rumah sakit bilamana Rumah Sakit Bayangkara ye4sebut sudah difungsikan.” Terima kasih hal ini dipertanyakan di Fotum ini,ini penting diketahui mengingat limbah rumah sakit adalah limbah Jahat, olehnya harus dikelola dengan baik,” Ungkapnya.

Penjelasan teknis terkait desain pengelolaan Limbah Rumah Sakit Bayangkara Mamuju, disampaikan Kabid Dokkes Polda Sulbar AKBP dr.Syamsul Bahar,M.Phd. Bahar menguraikan desain pengelolasn limbah Rumah Sakit Bayangkara Mamuju menggunakan teknik filtrasi untuk mengelola Limbah yang sifatnya cair.” Nanti di tiap kamar perawatan, kami siapkan pipa  saluran pembuangan limbah cair, yang difiltrasi sebanyak 3 tahap sebelum tiba di penampungan akhir Limbah cair tersebut,” Paparnya.

Dokter Syamsul menambahkan, untuk limbah padatnya nanti akan di bawa ke Rumah sakit Bayangkara Makassar karena Rumah sakit Bayangkara Mamuju belum memiliki alatnya penghancur limbah, kemungkinan 2019 Rumah sakit Bayangkara Mamuju sudah memilikinya.” Untuk limbah padatnya, untuk sementara kelak akan dibawa ke Rumah Sakit Bayangkara Makassar, Karena Rumah sakit Bayangkara Mamuju mungkin pada tahun 2019 nanti baru akan ada, desain pengelolaan limbah yang akan digunakan kelak oleh Rumah sakit Bayangkara Mamuju sama seperti yang digunakan oleh Rumah sakit di Unhas dan Bantaeng,” Kuncinya.(smd)

Berita Terkait: