Kemendagri Respon Usulan Pembentukan Dinas Perkebunan Sulbar

BANNIQ.COM.Sulbar.Rencana pemekaran Dinas Pertanian menjadi Dua Dinas yakni Dinas Perkebunan, sebagaimana  belum.lama ini Gubernur Sulbar,Drs.H.A.Alibaal Masdar, didampingi Kadis Pertanian Ir.H.Tanawali,M.AP, Karo Otalak Masriadi Aco dan Kepala BKD Amujib, membahas bersama dengan puhak Kemendagri.

Usulan tersebut mulai direspon oleh Pihak Kemendagri, melalui Surat Penjelasan terkait Rencana Pembentykan Dinas Perkebunan Sulbar, Nomor: 061/6288/OTDA tertanggal 2 Agustus 2018, ditandatangani Dirjen Otonomi Daerah (OTDA),Dr.Soemarsono,DM.

Dalam surat tersebut berisi poin antara lain; usulan pembentukan Dinas Perkebunan Sulbar sudah sesuai Rekomendasi Mentan melakui Dirjend Perkebunan, Nomor 1487/OT.030/E/10/2016 tanggal 14 Oktober 2016 Perihal pertimbangan pembentukan Dinas Perkebunan Sulbar.

Kemudian memperhatikan data tentang perubahan luas lahan irigasi dan data indikator Variaabel dan teknis mutu, pada prinsipnya disetujui pembentukan Dua Dinas.

Poin selanjutnya, pembentukan Dua Dinas Pertanian menjadi dua dumaksud, agar mempedomani ketentuan pasal 7 ayat 2 Permentan Nomor OT/010/8/2016 Tentang Pedoman Nomenklatur Tugas dan fungsi Dinas Urusan Pangan dan Dinas Urusan Pertanian Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

 

Menanggapi Surat Dirjen OTDA tersebut, Kadis Pertanian Dulbar, Ir.H.Tanawali,M.AP via WA,Jumat( 3/8/2018) mengharapkan Dinas Perkebunan Segera terbentuk dan pihaknya berharap dukungan dari DPRD Sulbar untuk melegalisasi dalam bentuk Perda kelak.”  Semoga  saudara-saudara anggota Legislatif Sulbar Mendukung sepenuhnya Pembentukan Dinas Perkebunan Sulbar dengan mempercepat Proses Penerbitan Perda Disbun Sulbar,” Ujar kadis yang enerjik ini.

Dengan terbitnya Perda itu kelak sambung Tanawali juga akan menjadi  dasar untuk pembentukan Satker mandiri pada anggaran  APBN dan begitu pula di APBD sudah bisa mendapat alokasi di tahun anggaran  2019(smd)

Berita Terkait: