Ketua PMI Hadiri Kegiatan Donor Darah di Kantor BI Sulbar

Banniq.Com.Sulbar. Seperti yang telah dijadwalkan sebelumnya, hari ini,Kamis(18/1/2018) di Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sulbar, BI bekerjasama PMI Sulbar laksanakan donor darah.
Kegiatan tersebut diawali dengan arahan dari Ketua PMI Sulbar,Hj.Enny Anggraeny Anwar. Enny berterimakasih kepada BI yang telah menfasilitasi kegiatan donor darah dan juga masyarakat Yang mendonorkan darahnya. Enny mengatakan lebih jauh bahwa Sulbar saat ini masih memiliki kekurangan stok darah, Dengan kegiatan donor darah secara Sukarela yang dilsksanakan oleh BI ini diharap dapat menambah stok darah terutama di Mamuju.” Terima kasih kami ucapkan ke Pihak BI yang telah memfasilitasi kegiatan Donor darah, juga kepada  masyarakat yang telah mendonorkan darahnya, semoga dengan darah yang dinorkan dapst bermamfaat untuk sesama,” papar Wagub Sulbar ini.
Secara nasional, sesuai data pada Kemenkes Sebut Enny, Indonesia membutuhkan 5.1 juta kantong pertahun, dan sebahagian besar stok kantong darah tersebut berasal dari donor darah secara Sukarela dari masyarakat.
Untuk menyimpan stok darah di Sulbar , sambung Istri Mantan Gubernur Sulbar Dua periode,H.Anwar Adnan Saleh ini, terdapat dua unit Transfusi darah, Yakni di Polman dan Mamuju. Meskipun Mamuju belum sebesar yang ada di Polewali, tetapi Unit Transfusi darah yang dilengkapi Lemari Es Penyimpan Darah.” Diupayakan stok darah dari kegiatan donor darah di Mamuju di simpan di unit transfusi darah di PMI Sulbar,” Timpal Enny.
Untuk saat ini, fasililitas unit transfusi darah PMI Sulbar masih minim, fasilitas yang ada sebut Enny, seperti Mobil Operasional Transfusi darah, mikroskop dan lemari Penyimpanan darah.Belum lengkapnya sarana transfusi darah PMI Sulbar,mengingat anggaran fasiliras tersebut yang cukup besar.” Mengingngat anggaran Fasilitas transfusi darah tersebut yang cukup besar, Anggaran Pemprov tidak mencukupi, sehingga kami adakan secara bertahap,” Pungkasnya.
Dadal Angkoro, pada kegiatan donor darah tersebut menyebutkan bahwa tujuan akhir dari kegiatan donor darah kali ini, adalah untuk mencapai Kesejahteraan Rakyat.” Makna yangg sangat luas dari  kegiatan  donor darah ini, adalah bagaimana mengsejahtrakan masyarakat,  kesejahteraam dapat dicapai melalui peningkatan Produktivitas, Produktivitas meningkat tercapai bila didukung oleh kesehatan yang baik, dan untuk menjaga kesehatan tetap baik caranya salah satunya adalah melalui donor darah,” beber Dadal.
Dadal meyakinkan lebih jauh bahwa darah pendonor akan lebih sehat dari pada darah yang telah didonorkan, larena akan tumbuh sel-sel darah yang lebih produktif.
Sekedar informasi pendonor darah secara Sukarela berasal dari karyawan Bank se Mamuju Sulbar, Karyawan BI Perwakilan Sulbar dan masyarakat umum, target kantong darah yang akan dikumpulkan sebanyak 150 kantong.” Kami target 150 kantong darah dari kegiatan Donor yang akan dilaksanakan sampai sore ini,” ujar   Humas BI Sulbar Suhut Samosir.
Pada kegiatan ini pula, dilaksanakan penyerahan secara simbolis bantuan BI Sulbar berupa alat kelengkapan donor darah, ke PMI Sulbar yang diserahkan oleh Kepala BI Perwakilan Sulbar,Dadal angkoro kepda Ketua PMI Sulbar,Hj.Enny Snggraeny Anwar, dan Sebaluknya PMI Sulbar menyerahkan Cinderamata ke BI Perwakilan Sulbar(smd)

Berita Terkait: