KPU Polman Ajak Semua Komponen Giatkan GMHP

BANNIQ.COM.Polewali, Menjelang penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Penyempurnaan (DPTHP) Pemilu tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polewali Mandar gelar Rapat Koordinasi Hasil Pencermatan tahap pertama (DPTHP-1) dengan Bawaslu, Disdukcapil, Pimpinan Partai Politik, dan PPK se-Kabupaten Polewali Mandar, Senin (15/10/2018).

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Sinar Mas Kecamatan Polewali, dimana dalam kegiatannya masing-masing PPK menyampaikan hasil pencermatan terhadap DPTHP-1 melalui Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP), diantaranya melakukan sweeping pemilih, membuka posko pelayanan pemilih dan sosialisasi aplikasi mobile KPU RI Pemilu tahun 2019.

Adapun hasil pencermatan secara keseluruhan, jumlah pemilih baru 276 orang, pemilih TMS 791 orang, pemilih ubah data 370 orang, sehingga jumlah DPTHP-2 sementara 302.324.

Selain penyampaian hasil pencermatan, dalam kegiatan ini Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar juga menyampaikan data potensi kematian/pemilih lansia yang berusia 70 tahun keatas dengan jumlah 14.600 orang yang dianggap perlu difaktualkan.

KPU Polewali Mandar berharap Bawaslu Kabupaten dan jajarannya, serta semua pihak yang terkait dapat berperan serta dalam kegiatan GMHP, sehingga pada finalisasi data penyusunan daftar pemilih hasil pencermatan DPTHP-1, semua hal yang dianggap bermasalah bisa diselesaikan lebih awal secara berjenjang.

Sementara dari Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) menyatakan sangat berterima kasih kepada KPU dan jajarannya yang telah sangat membantu Disdukcapil dalam mengurus data kependudukan. Jika ada kesalahan yang mendesak, maka segera disampaikan melalui keterangan dari desa/kelurahan.(rst/s)

Berita Terkait: