KPU Polman Lakukan Pengecekan Rill Data Pemilih

BANNIQ.COM.Polewali, – Dalam rangka penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Pemilu tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polewali Mandar melaksanakan kegiatan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) serentak, Rabu, 17/2018. Gerakan serentak ini dilakukan, baik PPK, maupun PPS se-Kabupaten Polewali Mandar melakukan kegiatan door to door/mengunjungi rumah pemilih yang disinyalir masih belum terdata dalam DPT Pemilu tahun 2019.

Komisioner KPU Polewali Mandar Divisi Data Informasi, Muslim mengatakan bahwa kurang lebih puluhan ribu nama hari ini dicek datanya dalam daftar pemilih untuk dipastikan datanya apakah sudah terdaftar dalam DPT atau belum.

“Kalau secara keseluruhan Polman, kurang lebih 2.985 rumah yang kami lakukan pengecekan baik itu dari pihak KPU, PPK dan PPS se-Kabupaten Polewali Mandar. sehingga kalau ditaksir dalam satu rumah itu ada 3 pemilih, maka kurang lebih hampir 9.000-10.000 pemilih yang kami cek hari ini” Ucap Muslim saat ditanyai oleh awak media.

Lanjut, Muslim mengatakan bahwa kegiatan menjemput pemilih/door to door ini dianggap lebih efektif dari pada harus menunggu pemilih untuk datang mengecek atau melapor namanya ke kantor KPU/PPK/PPS.

“Kegiatan GMHP serentak ini kami lakukan dalam bentuk door to door, karena menurut kami menjemput pemilih itu lebih baik dari pada harus menunggu pemilih datang ke kantor, dan terbukti sementara berdasarkan laporan yang masuk dari PPK maupun PPS, ada beberapa daerah di kecamatan Wonomulyo dan Mapilli yang kami monitoring ditemukan belum terdata dalam DPT, Ujarnya.

Sementara itu, suatu inovasi juga dijumpai dalam kegiatan PPK Wonomulyo. Selain melakukan door to door, ia juga memeriksa data kependudukan yang ada di desa, mulai dari pindah masuk, meninggal, pindah domisili, dan arsip KK baru yang tahun 2015-2018.

“rencana besok saya mau jalan perdesa, saya mau cek data kependudukan desa, mulai dari meninggal, pindah domisili, dan pindah masuk terutama, dan kemudian kalau ada arsip KK yang mulai tahun 2015-2018 itu kita cek juga, disamping PPS juga jalan hanya 5 rumah, kalau ada arsipkan juga bagus, itu kita cocokan kembali karena ini saja baru 1 desa sampel, sudah lebih 20-an yang ubah data, pemilih baru 6, dan sementara sudah 4 dusun yang kita kerja ini” Ucap Eko Wisnu Ketua PPK Wonomulyo.(rst/s)

Berita Terkait: