KPU Rilis Hasil Pemeriksaan Kesehatan Cagub/Cawagub, Akhir Oktober

img-20160929-wa0025

Banniq.com.Sulbar                                              Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Barat  resmi menerima berkas hasil pemeriksaan kesehatan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sulbar sejak kemarin, 28/9/16, Namun, hasilnya tidak diumumkan langsung hari ini.

“Nanti tanggal 24 Oktober KPU Sulbar akan umumkan keseluruhan calon memenuhi persyaratan atau tidak. Kami masih belum bisa komentar apapun,” Ujar Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuria,S.Pd.M.Si, Kamis.29/9.

Masih diurai oleh Usman bahwa Berkas pemeriksaan kesehatan tiga pasangan calon baru diterimanya hari ini dan masih tersegel. Walaupun hari ini juga kami telah membukanya dalam rapat pleno penelitian syarat calon untuk paslon yang diajukan oleh parpol atau gabungan parpol. Hasil pemeriksaan kesehatan itu akan diumumkan bersamaan dengan persyaratan lain dari tiap pasangan calon.

 

Hasil pemeriksaan kesehatan itu tidak akan diumumkan secara detail. Hanya secara umum apakah calon tersebut sehat secara jasmani, rohani, dan bebas narkotika atau tidak. Pernyataan sehat jasmani rohani dan bebas narkoba masing-masing menyebut hasilnya, untuk IDI menyebut mampu tidak mampu, BNPP menyebut tidak terindikasi terindikasi dan HIMPSI menyebut mampu tidak mampu.

“Merinci hasil pemeriksaan medis  misalnya fungsi organ, tidak kami rilis karena termasuk informasi yang dirahasiakan, kecuali atas izin yang bersangkutan atau ada perintah pengadilan. Jadi hanya dipublikasikan lolos atau tidak lolos,”   Timpal Mantan Ketua KPU Polman ini.

Sebagsimana diketahui bahwa proses prneriksaan kezrhatan Cagub dan cawagub sulbar dilakukan oleh Tim yang beranggotakan berbagai lembaga seperti dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Badan Narkotika Nasional (BNN), Himpunan Psikologi Sulselbar dan Rumah sakit Wahidin juga telah menyerahkan kepada KPU Sulbar, dan ini semua telah dilaksanakan. Tentu saja atas kerja sama tiga lembaga ini kami menganggap telah melaksanakan tugas dengan dedikasi penuh dilakukan dengan sangat  teliti(smd/dam).

Berita Terkait: