KPU Sulbar Gelar Rakor Persiapan Kampanye Pilgub

 

20161004_144652

Banniq.com.Sulbar

Memasuki tahapan kampanye pilgub,pasca Penetapan Paslon Gubernur Sulbar tanggal 24 Oktober nanti, KPU Sulbar mengundang para Timses calon Gubernur dan wakil Gubernur Sulbar, Pihak kepolisian, Kesbangpol,Satpol PP dan Bawaslu Sulbar, dalam kegiatan Rakor persiapan Pelaksanaan Kampanye, Selasa.4/10.

Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuriah saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa Tahapan Kampanye sebagai bagian penting dari tahapan Pilgub, olehnya perlu penyelenggara mengundang para pihak untuk memahami bersama esensi dari kampanye tersebut sesuai PKPU Nomor 12 Tahun 2016. ” Kami hadirkan para pihak Tim Kampanye Paslon, Pemerintah, Pihak keamanan dan Bawaslu, sebat terkait dengan elemen dan komponen pelaksanaan Kampanye,seperti pemasangan APK di titik-titik mana APK tersebut bisa dipasang,” Terang Usman.

Diurai lebih detail oleh Usman bahwa terkait pelaksanaan kampanye, paslon lazimnya menggunakan alat dan bahan kampanye. terkait dengan itu Alat Kampanye yang nantinya akan diadakan oleh KPU, dan akan dipasang di titik -titik yang yang sudah ditentukan oleh pemerintah setempat. Sedang bahan kampanye berupa brosur dan liflet, yang nantinya akan dibuat sendiri oleh tim kampanye paslon, tapi masing-masing  tim kampanye Paslon akan menyampaikan ke KPU berapa jumlah rancangan bahan kampanye tersebut.

Kemudian jumlah APK  kata Usman akan dicetak oleh KPU secara berimbang masing-masing Pasangan calon, yakni 5 APK/Baligho masing-masing Paslon,  dan bisa ditambah oleh paslon dengan ketentuan 150% dari standar, kemudian ukurannya tidak melebihi  ukuran standar yang telah ditetapkan oleh KPU.” APK akan diadakan oleh KPU secara Berimbang masing-masing paslon, yakni 5 APK/Baligho bisa ditambah dengan ketentuan 150% dari standar kemudian ukurannya tidak  ukuran standar yang telah ditetapkan KPU,” Timpal Usman.

Masih kata Usman bagian lainnya dari pelaksanaan kampanye seperti pertemuan terbatas . Pertemuan terbatas untuk tingkat Provinsi sesuai aturan hanya dimungkinkan dihadiri 2000 peserta dan dalam pertemuan tersebut tidak boleh memberikan Doorprize.” Dalam pertemuan terbatas, paslon tidak dibenarkan membagikan Doorprize karena ini dikhawatirkan akan mempengaruhi kecenderungan untuk memilih nantinya,” Demikian Usman

Sekedar informasi pelaksanaan kampanye Pilgub akan mulai pada tanggal 28 Oktober 2016  hingga tanggal 11 Februari 2017.(samad/dam)

Berita Terkait: