Lagi, Pemkab Diminta Desak Selesaikan Sengketa Lahan Di Matra

img_7039

Banniq.com.Matra

Konflik lahan yang berkepanjangan di Kabupaten Mamuju Utara Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), yang beberapa hari terakhir memanas, membuat Ikaram Ibrahim legislator Matra angkat bicara. Legislator PPP yang akrap disapa Ikram Ibrahim meminta pemkab Matra tidak berdiam diri, dan segera mendesak pemerintah pusat untuk menyelesaikan konflik sengketa lahan.

Ikram yang dikonfirmasi mengatakan, konflik lahan beberapa waktu yang lalu telah ditangani oleh panitia khusus (pansus) DPRD Matra, sejumlah bukti dan berkas lainnya dari hasil investigasi pansus,serta rekomendasi pansus telah diserahkan ke Kementrian Agraria, namun entah mengapa sampai sekarang belum ada tindak lanjut.

Olehnya, kata dia, sekarang pemkab Matra tinggal mendesak kementrian terkait, untuk menindaklanjuti rekomendasi pansus tersebut, agar persoalan konflik agraria di Matra ini tidak semakin berlatrut-larut sebelum memakan korban jiwa.

” Penyelesaian konflik inikan kewenangan pemerintah pusat, sementara pansus telah mengeluarkan rekomendasi untuk pengukuran ulang lahan HGU, tapi entah kenapa sampai sekarang belum ada tindak lanjut. Kasian kalau terus berlarut seperti ini, semua pihak akan dirugikan, apa lagi kalau sampai sudah jatuh korban jiwa” ujarnya, saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Ia juga meminta, pihak masyarakat maupun perusahaan sawit yang terlibat konflik tersebut sama-sama bisa menahan diri, dan tidak mudah terpancing dengan provokasi-provokasi yang dilakukan oleh pihak tertentu.

” Kalau sama-sama panas, akhirnya bentrok, ujung-ujungnya mereka sendiri yang dirugikan, makanya saya harap mari sama-sama menanahan diri, sembari menunggu langkah konkrit dari pemerintah pusat. Kami pun tidak ingin melihat persoalan ini berlaru-larut” (joni/smd)

Berita Terkait: