Lukman: Masyarakat Sudah Lama Menginginkan Nama Pasangkayu

Banniq.Com.Pasangkayu. Perubahan nama Kabupaten Mamuju Utara Menjadi Kabupaten Pasangkayu berdasarkan PP Nomor 61 Tahun 2017, yang hari ini, Senin (5/3/2018) diresmikan Oleh Gubernur Sulbar Drs.Alibaal Masdar.

Wacana perubahan Nama Kabupaten Mamuju Utara menjadi Kabupaten Pasangkayu, dalam pandangan Ketua DPRD Kabupaten Pasangkayu, Lukman Said,S.Pd. Senin(5/3/2018) di kediamannya,  merupakan issu yang sudah lama diharapkan masyarakat, sesuai sejarah awalnya perjuangan pembentukan Kabupaten Pasangkayu.” Masyarakat sudah lama menginginkan perubahan nama Kabupaten Ini, sesuai sejarah awal pembentukannya yakni perjuangan pembentukan Kabupaten Pasangkayu,” Terang Ketua ADKASI ini.

Selain alasan sejarah sambung Lukman , , juga karena lazim terjadi kesalahan administrasi program pembabgunan yang berasal dari pusat untuk Kabupaten Mamuju Utara, yang kerap dianggap sama dengan Kabupaten Mamuju.” Pernah terjadi anggaran pembangunan  jembatan yang maksudnya untuk Mamuju utara, namun karena pihak kementerian tidak paham mana Mamuju mana Manuju Utara, akhirnya anggaran tersebut di bawa ke Muna Sulawesi Tenggara,” Urai Lukman lagi.

Atas dasar tersebut, Pemkab bersama DPRD melakukan pengkajian bersama dengan kalangan akademisi untuk perubahan  nama Kabupaten Tersebut.” Atas berbagai hal yang mendasari untuk perubahan nama Kabupaten Dari Mamuju Utara Menjadi Pasangkayu, pihak Pemkab Dan DPRD melakukan kajian akademik dengan jalangan kampus, dan Alhamdulillah perubahan tersebut telah disetujui oleh Pemerintah Pusat, dengan terbitnya PP Nomor 61 Tahun 2017 Tentan Perubahan Nama Kabupaten Mamuju Utara Menjadi Pasangkayu.” Timpalnya.

Masih Lukman, meskipun Telah Berubah nama, tak lantas mengubah kesejarahan Mamuju secara luas yang awalnya Pasangkayu ada di dalamnya.” Perubahan nama Kabupaten tidak mempengaruhi  Hubungan emosional  Mamuju dan Pasangkayu yang  masih satu kesatuan Sejarah,” Pungkas Ketua DPRD yang kerap jadi pembicara  Live di TV Nasional ini,(smd)

Berita Terkait: