M.Danial: Quikqount Sifatnya Informasi

BANNIQ.COM.Polewali. Pemungutan suara Pilkada Polman,Rabu(27/6/2018) dan hasul sementara berdasarkan perhitungam cepat atau Quik Qount juga telah dirilis oleh salah satu Lembaga Survey., Yakni Syaiful Mujani Research And Consulting (SMRC) yang menempatan pasangan AIM-Benar pada posisi pertama perolehan suara hasil QuikQount tersebut.

Meskipun demikian, Ketua KPU Polman M.Danial, Kamis(28/6/2018) via WA mengingatkan bahwa perolehan suara berdasarkan perhotungan cepat atau Quikqount,sipatnya hanya informasi saja.” Kami mengingatkan bahwa perolehan suara Paslon Pilkada Polman 2018 kemarin melalui hitung cepat atau QQ harus disikapi sebagai informasi. QQ bukan hasil resmi oleh penyelenggara pemilihan.
Oleh karena itu, masyarakat harus paham bahwa hasil hitung cepat bukan hasil resmi. Hasil resmi pemilu nanti akan ditetapkan oleh KPU,” Terang M Danial.

Lebih lanjut disampaikan Danial,  bahwa QQ merupakan kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh lembaga survei. Dan masing-masing lembaga memiliki teknik atau metode tertentu dalam menghitung perolehan suara. Dan metode yang digunakan terukur.

Untuk itulah kepada masyarakat, Danial mengharap agar menjadikan hasil QQ sebagai informasi, bukan patokan hasil perolehan suara. Hasil QQ sebagai informasi boleh, melihat itu, tapi bukan hasil yang menentukan hasil yang resmi, final.

“Hasil resmi perolehan suara akan ditetapkan KPU Kabupaten Polewali Mandar pada rekapitulasi hasil penghitungan suara dari seluruh TPS dalam wilayah kabupaten.”Timpalnya.

Oleh karena itu,sambung Danial,  hasil QQ yg dirilis lembaga survei tidak  menjadi sebagai sebuah  perdebatan

Yang terpenting sekarang, sebut Danial, bagaimana masyarakat dan semua pihak bersama-sama menjaga kondisi tetap kondusif menikmati suasana kesejukan setelah idul fitri. Bahkan, idealnya menjadikan dinamika pilkada sebagai energi positif untuk membangun Polman.

“Mari bersama-sama menunjukan kedewasaan berdemokrasi. Dinamika
yang terjadi selama tahapan kampanye, setelah memasuki pemungutan dan perhitungan suara sdh harus selesai.,” Timpalnya

Kemudian untuk rekap hasil perhitungan suara pilkada Polman, agendanya ajan dulaksanakan pada tanggal 4 sampai dengan tanggal 6 Juli 2018 (smd)

Berita Terkait: