Maksimalkan Pelayanan di Puskesmas, Dinkes Mateng Kontrak Tenaga Dokter

Kepala Dinas Kabupaten Mamuju Tengah,Setya Bero,SKM;MM(photo:dok)
BANNIQ.COM.Topoyo.Pelayanan kesehatan pada Puskesmas sebagai Fasilitas Kesehatan (Faskes) Pertama harus dimaksimalkan agar masyarakat yang ada di Kecamatan terlayani secara maksimal, Pemkab Mateng melalui Dinas Kesehatan melakukan kontrak kerjasama dengan dokter swasta untuk ditempatkan sebagai dokter Puskesmas di wilayah kabupaten Mamuju Tengah.
Kepada Banniq.com, Rabu(3/10/2018) , Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Mateng, Setya Bero,S.KM,MM mengatakan untuk tahun 2018 ini Pemkab melalui Dinkes Mateng telah mengontrak tenaga dokter swasta sebanyak 5 orang yang ditempatkan sebagai dokter di beberapa  Puskesmas di Mamuju Tengah.
“Tahun ini kami mengontrak 5 dokter swasta yang di tempatkan di Beberapa Puskesmas di Mateng, tujuannya untuk memaksimalkan pelayanan puskesmas,” Ujarnya.
Kemudian untuk tahun anggaran 2019, Dinkes Mateng kata Setyabero kembali akan merekrut tenaga dokter kontrak sekira 7 orang yang juga akan ditempatkan di Puskesmas, dan hal tersebut sudah dikordinasikan ke Sekkab Mateng terkait Alokasi anggarannya di APBD 2019.
Pengangkatan dokter kontrak tersebut Sambung kadis yang matang pengalaman di bidang manajemen kesehatan ini, adalah untuk memberikan pelayanan prima di puskesmas sebagai fasilitas kesehatan pertama.Juga menghindari penumpukan pasuen di Rumah sakit karena rujukan dari kecamatan(pasien puskesmas), karena selama ini sering terjadi rujukan pasien yang semestinya masih bisa ditangani di Puskesmas.
“Dengan dokter kontrak ini kita ingin puskesmas itu sebagai pasjes pertama untuk memberi pelayanan maksimal, juga kita menghindari rujukan pasien yang semestinya masih bisa ditangani di Puskesmas, selama ini sakit demam saja misalnya dirujuk ke Rumah sakit daerah, kalau begini pasti penuh rumah sakit, untuk itu kita maksimalkan puskesmas dengan tenaga dokter kontrak untuk memberi pelayanan prima ke masyarakat di kecamatan,” Pungkas Mantan Kadis Pemberdayaan Perempuan dan KB Mamuju Tengah ini(smd)

Berita Terkait: