MAN Lampa Memilih Ketua Osis, dengan Tatacara Seperti Pemilu

Suasana Pemilihan ketua Osis MAN Lampa, yang berlangsung seperti Layaknya Pemilihan Umum(photo:repro)

BANNIQ.COM.Sulbar. Madrasah  Aliyah Negeri MAN I Lampa di  Kecamatan Mapilli Kabupayen Polewali Mandar, menggelar pemilihan Ketua Osis Periode 2018-2019. Yang menarik dari kegiatan ini bukan soal pemilihannya, tapi tatacara pemilihan yang mereka lakukan dibuat pemilihan secara demokratis dengan membuat tahapan pemilihan sebagaimana yang lasim dilakukan KPU, seperti penjaringan bakal calon, pemeriksaan kesehatan calon, pendataan daftar pemilih, perekrutan penyelenggara, masa kampanye, pembuatan surat suara hingga hari H pemilihan yang digelar, Selasa, 25 September 2018. di sekolsh MAN setempat.

Kepala sekolah MAN 1 Lampa H.Marsuki mengaakan, Pemilihan Ketua Osis di MAN 1 Lampa Kecamatan Mapilli Polewali Mandar adalah bentuk pemilihan yang dilaksanakan secara demokratis dengan melibatkan semua warga sekolah.

“Kehadiran kita semua khususnya KPU Polman menjadi motivasi, dalam pesta demokrasi di lingkup sekolah. Proses ini dilakukan sebagaimana layaknya yang dilakukan oleh KPU Polman, dari tiga kali pelaksanaan pemilihan, terus dilakukan perbaikan, mulai pencalonan semua dilakukan secara demokratis. Ini juga berkat arahan dari KPU Kab.Polman untuk mengantar proses demokrasi dengan baik”. Katanya.

Sementara itu, ketua KPU Kab.Polman H.M.Danial mengatakan, pesta demokrasi yang dilaksanakan di MAN Lampa perlu diapresiasi dan dapat menjadi contoh yang baik bagi sekolah lainnya yang ingin melakukan pemilihan Ketua OSIS.

“ini adalah proses pembelajaran demokrasi. apa yang di lakukan oleh MAN 1 Polman adalah contoh yang baik dalam mengimplemenasikan sistem demokrasi yang dilakukan secara langsung di sekolah”. Ungkap Danial.

Selain itu Ia juga mengajak kepada pemilih pemula yang sudah memiliki hak pilih di sekolah tersebut, untuk ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi 17 April 2019 mendatang. Yaitu pemilihan Legislatif, calon perseorangan DPD dan pemilihan presiden dan wakil presiden yang dilaksanakan secara serentak.(rst/s)

Berita Terkait: