Manajemen PTTEP Beramah Tamah dengan Pemkab Polman

Keterangan photo: Khun Titi Thongjen, General Manager PTTEP, bersama Hj. Jumeriah Ibrahim , Bunda PAUD Polewali Mandar(photo:repro)

Banniq.Com. Polman.

PT Exploration and Production Public Company Limited  (PTTEP)  merupakan Badan Usaha Milik Pemerintah Tailand, yang bergerak dalam bidang perminyakan, mirip  dengan Pertamina di Indonesia, selama ini juga telah banyak membantu program pendidikan dan kesehatan di Indonesia termasuk Provinsi Sulawesi Barat.

Selama kiprahnya di Indonesia, sejak tahun 2012 PT TEP melalui Dana Coorporate Social Responsibility (CSR) Telah Membangun 15 Gedung PAUD di Sulbar hingga tahun 2017,  satunya Taman Siwaliparri Permata Hati yang berlokasi di Desa Galung Tulu Kecamatan Balanipa Polman, yang penggunaannya diresmikan Selasa (16/1/2018)

Guna lebih mengeratkan  kemitraan  antara Manajemen PT TEP dengan jajaran Pemkab Polman, malam hari usai pengresmian Taman Siwaliparri Permata Hati, Keduanya luruh dalam suasana yang akrab  di  malam ramah tamah yang digelar di  Cafe Beru-Beru Polewali.

Acara malam ramah tamah tersebut dihadiri Asisten I Setda Polewali Mandar, H . Darwin Badaruddin, Bunda PAUD Polewali Mandar, Hj. Jumriah Ibrahim, Bunda PAUD, beberapa utusan  OPD terkait,  puluhan pengelola dan tenaga pendidik PAUD, Dari pihak PTTEP terlihat hadir, Gayatri Sjafri, Afiat Djajanegara, General Affairs Manager PTTEP, Khun Titi Thongjen, General Manager PTTEP,  Khun Siriphong Fuenglikhit, Vice President, Social Responsibility PTTEP, tim Assesment Sosial Ekonomi dari Dompet Dhuafa, Jakarta.

Ramah tamah itu digelar  untuk mempererat  silaturrahmi antara manajemen PTTEP dengan pihak Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dan proses perkenalan secara mendalam terhadap PTTEP.

Ramah tama tersebut diisi dengan penyampaian  presentasenya oleh PT TEP yang diwakili oleh Afiat Djajanegara. Afiat mengatakan,  PTTEP  BUMN adalah milik pemerintah Thailand yang bergerak di bidang perminyakan.

Selain sebagai BUMN, PT TEP juga adalah lembaga yang mengemban misi Kemanusiaan, terutama suffort terhadap program pendidikan dan kesehatan di Negara Tetangga Tailand seperti Indonesia.

Afiat menguraukan lebih jauh  bahwa program CSR PTTEP di Sulawesi Barat berawal pada tahun 2012 di Kabupaten Mamuju. ” Sampai sekarang PTTEP telah berhasil membangun lima belas gedung PAUD yang refresentatif di Sulawesi Barat,” Ungkapnya.

Dari jumlah 15 tersebut sambung Afiat, 10  diantaranya terdapat di Kabupaten Mamuju, satu gedung PAUD di Kabupaten Majene, dan empat gedung PAUD di Kabupaten Polewali Mandar.

Pihak PT TEP lainnya, Gayatri Syafri yang membidangi pengembangan anak usia dini, juga memaparkan  program CSR di Sulawesi Barat secara menyeluruh di tiga kabupaten, Mamuju, Majene dan Polman.”  selain membangun fisik gedung PAUD, kami juga melakukan pelatihan guru-guru PAUD yang diintervensi, dan melakukan kampanye kesehatan, Ini sebagai  wujud komitmen PTTEP untuk membantu masyarakat di Sulawesi Barat,” Ujar Gayatri.

Lebih jauh Dia menguraikan bahwa untuk menjamin keberlangsungan pengelolaan lembaga PAUD-HI yang mandiri dan pelayanan yang berkualitas, PTTEP melalui program CSRnya akan tetap memberikan perhatian.”  Mulai tahun 2018, akan dilaksanakan program peningkatan ekonomi masyarakat,” Ujarnya.

Tahap awal dari kegiatan ini, sebut Gayatri  pihak PTTEP telah menurunkan tim dari Dompet Dhuafa, melakukan assesment potensi ekonomi lokal dilaksanakn di Desa Panyampa Kecamatan Campalagian dan di Desa Galung Tulu Kecamatan Balanipa. ” Dalam assesment ini terdapat beberapa produk unggulan yang menjadi perhatian, salah satunya adalah sarung sutra Mandar, Ini merupakan program jangka panjang dan membutuhkan dana yang banyak,” beber Afiat.

Di tempat yang sama, Asisten I Setdakab Polman  Darwin Badaruddin, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak PTTEP yang telah turut membantu Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, khususnya dalam bidang pendidikan anak usia dini, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Yayasan Masyarakat Mandar Madani (YMMM) yang menjadi mitra PTTEP dalam menjalankan program CSRnya di Kabupaten Polewali Mandar.

Di penghujung acara, Pemkab Polewali Mandar memberikan piagam penghargaan dan plakat kepada pihak PTTEP yang diwakili oleh Khun Titi Thongjen, dan pihak PT TEP   memberikan gift (cindera mata ) keramik khas Thailand, kepada Hj. Jumriah Ibrahim, Bunda PAUD Polewali Mandar.(smd)

Berita Terkait: