Menengok SDN Kaluku-luku yang memprihatinkan

.

 

Banniq..Com.Mamuju,. Sungguh ironi kondisi pendidikan di pelosok wilayah kabupaten mamuju. Sebab di jaman now saat ini, masih terdapat sekolah yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Sebut saja, SDN Kaluku-luku, di desa keang, kecamatan kalukku, kabupaten mamuju, sulawesi barat, yang kondisinya jauh dari kata layak.

Bangunan sekolah hanya terbuat dari bahan seadanya. Tiang sekolah di topang dengan bambu, itu pun sudah mulai lapuk. Dinding sekolah terbuat dari anyaman Bambu dan kini di makan rayap, Serta atap sekolah menggunakan atap daun rumbia.

Parahnya lagi, bangunan sekolah yang hanya tiga ruang kelas ini, terancam ambruk. Dengan kondisi yang ada, saat hujan mengguyur membuat aktivitas belajar mengajar di SDN kaluku-luku terganggu. Guru sekolah terpaksa memulangkan seluruh murid karena hujan menembus dinding dan atap sekolah bocor. Begitu pula bila angin kecang bertiup di sekitar sekolah, guru juga terpaksa meliburkan muridnya karena takut bangunan sekolah ambruk menimpa muridnya.

Ya beginimi kondisi sekolah disini, kalau hujan, nahujani masuk, terpaksa dikasi pulang lagi anak-anak karena basah kasian.” Kata ┬áNurmayani, seorang guru Honorer di Sekolah tersebut.

Ditambahkan Nurmayani, Ruang kelas disini sangat sempit, hanya tersedia tiga kelas dan menampung hampir 50 murid dari kelas Satu sampai kelas Enam,

Lanjut Nurmayani, katanya pemerintah daerah telah menganggar pembangunan gedung sekolah baru di sebelah bangunan SDN kaluku-luku.

Namun belum tahu kenapa pembangunan tersebut belum dilaksanakan. tanah hibah dari warga setempat sudah ada dan siap dibanguni sekolah.

Sementara itu, fasilitas ruang kelas, seperti meja, kursi, dan papan tulis sebagian telah rusak. Ditambah lagi bantuan buku LKS untuk murid belum jiga ada untuk ajaran tahun 2018.

Bantuan buku pelajaran disini juga tidak maksimal. Buku pelajaran hanya tersedia buku pelajaran tahun 2017 dan belum ada buku pelajaran tahun 2018.” Urai ┬ánurmayana lagi.”

Nurmayana berharap pemerintah daerah segera merealisasikan janjinya membangun gedung sekolah baru SDN kaluku-luku demi kemajuan pendidikan di desanya.

“Kami harap pemerintah membangun gedung sekolah demi anak-anak untuk bersekolah, dan demi kemajuan pendidikan dan masa depan generasi anak di dusun kaluku-luku.,” pungkasnya(nhr/smd)

Berita Terkait: