Mengabadikan Nama Pejuang Sulbar Yang Telah Mendiang, Melalui Penamaan Nama Jalan

IMG-20160919-WA0013

Banniq.com.Sulbar

Terbentuknya provinsi Sulawesi Barat, 2004 silam, bukan hanya karena Ampres yang diteken oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Presiden ketika itu, tetapi di sana ada pergumulan imajinasi, pertarungan gagasan dan prinsip antara Pemerintah yang kala itu masih mengaggap tabuh pemekaran wilayah, dengan komunitas masyarakat yang mendiami Pantai Barat Sulawesi Selatan, yang dulu dikenal dengan Afdeling Mandar.

Sederet Tokoh yang telah dengan segenap jiwa dan ketulusan berjuang dengan satu tujuan memiliki Provinsi Sendiri terpisah dari Sulsel, dan buah perjuangan mereka telah kita nikmati selama 12 tahun ini, semenjak terbentuknya Provinsi Sulbar Berdasarkan UU Nomor 26 Tahun 2004.

Para tokoh yang telah berjuang dengan tulus dalam proses pembentukan Provinsi Sulbar, separuhnya telah Kembali Keharibaan Ilahi.

Atas jasa dan perjuangan yang telah mereka dedikasikan sehingga sulbar terbentuk sebagai Provinsi, tercetus ide dari eksponen pejuang sulbar untuk mengabadikan nama-nama pejuang Sulbar yang telah Mendiang melalui penamaan Jalan di Kabupaten di Sulbar.” Sesungguhnya Mereka tidak pernah meminta untuk dihargai, namun kita generasi yang paham sejarah bagaimana Sulbar ini diwujudkan,  Perlu kita abadikan nama mereka nelakui penamaan nama jalan di Sulbar ini,” Ujar Eksponen Pejuang Sulbar,Syahrir Hamdani,Sabtu,25/3.

Diuraikan Syahrir bahwa Pejuang Sulbar yang telah meninggal dan diharap nama-nama mereka diabadikan melalui penamaan nama jalan antara lain, Husni Djamaluddin, prof. Dr. Darmawan Mas’ud Rahman, Prof. Dr. Arief Djamaluddin, H. Muhammad Djafar, prof. Dr. KH. Syahbuddin, Azis D. Situju, BE., Aruhul Thahir, Gaus Bestari, prof. Dr. Ma’mun Hasanuddin, Andi Rosmiani Ahmad, H.Borahima, Asnawi Parampasi dan Syahruddin Rasyid.

Syahrir berharap agar semua komponen masyarakat sulbar untuk mengsuffor gagasan tersebut,termasuk Pemkab/DPRD se Sulbar serta DPRD dan Pemprov Sulbar agar proses untuk mewujudkan usulan tersebut dapat terealisasi dan jika memungkinkan kata Syahrir, momentun peringatan HUT Sulbar ke 13 Tahun ini sudah dapat diwujudkan.” Kami berharap eksekutid dan legislatif mendukung usulan ini, dan jika memungkinkan Momentum peringatan HUT Sulbar ke 13 Tahun 2017 ini sudah bisa direalisasikan,” Pungkas Mantan Ketua Pokja KAAP Sulbar Polmas ini.(samad)

Berita Terkait: