Minat Baca di Majene Masih Perlu Ditingkatkan

Banniq.com Majene – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Majene Andi Pawilloi menyebut minat baca di Majene masih perlu ditingkatkan. Sehingga berbagai upaya dalam menumbuhkan minat baca harus juga terus dilakukan.

Apalagi menurut dia, Kabupaten Majene merupakan Kota Pendidikan di Sulawesi Barat (Sulbar),” karna kita ini Kota pendidikan yang harus meningkatkan minat baca oleh karna itulah beberapa kegiatan literasi harus selalu kita giatkan,” kata dia usai membuka acara Apresiasi Pustaka 2018 di Aula Hotel B’ Nusabilah Lembang. Kamis, 12 April 2018.

Dia menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan untuk mewujudkan upaya itu. Misalnya seperti melaksanakan lomba bercerita dan lomba perpustakaan. Itu semua untuk meningkatkan minat baca.

Bukan itu saja kata dia, untuk meningkatkan minat baca, pengelola perpustakaan juga harus didorong agar dapat menarik pengunjung datang membaca. Caranya dengan selalu menambah koleksi bacaan dan sarana dan prasarana lainnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan DPAD Majene Chairan Samad mengatakan perkembangan perpustakaan di Majene ada kemajuan tapi masih perlu ditingkatkan serta harus punya progres yang baik ke depannya.

Menurut Chairan pengaruh globalisasi saat ini sangat memungkinkan informasi dapat cepat diakses, “artinya harus berinovasi agar pengunjung tertarik datang dan kita tidak boleh lagi menunggu pengunjung kita harus mendatangangi masyarakat,” urainya.

Lebih jauh Chairan menjelaskan, bahwa berdasarkan data DPAD Majene, perpustakaan umum Desa saat ini berjumlah 62 dan untuk perpustakaan Kelurahan 20. Komunitas penggiat literasi 30,” belum lagi perpus khusus instansi, perpustakaan mesjid itu ada 330 jadi total keseluruhan kurang lebih 500 jenis perpustakaan yang terlibat dalam peningkatan literasi di Majene,” tandasnya. (Cha/s)

Berita Terkait: