Parade Seni Warnai Peringatan HUT RI ke 72 Tahun di Rutan Kelas II B Matra

Banniq.com.Pasangkayu

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 72 Tahun (Th) di Rumah Tahanan (Rutan) Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Selain pemberian remisi umum kepada Narapidana, pada  perayaan tersebut juga menampilkan  Parade dan atraksi  seni dan budaya  yang dipersembahkan oleh   para penghuni Rutan dalam hal ini Warga Binaan Prrmasyarakatan (WBP) atau yang biasanya disebut Narapidana (Napi), Kamis (17/08-2017).

Kepala Rutan (Ka Rutan) Kelas II B Pasangkayu, Herman Anwar, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan perayaan HUT RI di Rutan Pasangkayu ini sengaja dilaksanakan di dalam Rutan, berdasarkan permintaan para Napi.

“Sesuai permintaan para WBP kepada kami, Pelaksanaan HUT RI Ke 72 Th ini sengaja kami lakukan didalam lokasi Rutan, agar para WBP dapat mempertontonkan atraksi Seni yang selama ini mereka latih”, terangnya.

Saat ini, sebut Herman bahwa  penghuni WBP di Rutan Pasangkayu sebanyak 105 orang, dan jumlah yang mendapatkan remisi sebanyak 51 orang.

“Di HUT RI ke 72 Th ini, sekira 51 orang yang WBP kami yang mendapatkan remisi, dimana 1 orang diantaranya mendapatkan remisi dan langsung bebas”, jelas Herman.

Ditambahkan Herman, bahwa  yang berhak mendapatkan remisi,adalah  WBP yang berkelakuan baik dan telah menjalani masa tahanan selama 6 Bulan, selain itu kegiatan ini juga dirangkaikan dengan terapy Comunity yang biasanya dilaksanakan di tempat rehabilitasi bagi para pengguna Narkoba.

Sementara itu, Bupati Matra Ir H Agus Ambo Djiwa,MP yang menyampaikan sambutan seragam  Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengatakan demi memberikan pengaruh yang Positif kepada para WBP, perlunya dilakukan pembinaan yang bersifat Seni.

“Agar jiwa seni para WBP dapat lahir dalam dirinya dan mengubah kepribadian menjadi pribadi yang lebih berseni hingga dapat berbaur lebih baik lagi kepada masyarakat umum saat bebas nanti, maka perlunya suatu pembinaan yang bersifat seni dan budaya”, ujarnya.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan atraksi dan parade seni yang dibawakan langsung oleh para WBP penghuni Rutan Pasangkayu.

Dalam kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Matra, H Agus Ambo Djiwa, Wakil Bupati Matra H Muh Saal, Ketua DPRD Matra H Lukman Said, Kepala Rutan Kelas II B Pasangkayu Herman Anwar, Wakapolres Matra Kompol Mihardi, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Matra, beberapa kepala SKPD, Anggota DPRD Matra dan tamu undangan lainnya.(Edis/s)

Berita Terkait: