Peduli Lingkungan Bersih, Polda lakukan Pembersihan Sampah

BANNIQ.COM.Sulbar. Mendukung

Kapolda Sulbar,Brigjend Pol Baharuddin Djafar saat memimpin gerakan pembersihan sampah di Desa Sumare(photo:repro)

program Mamuju Mapaccing, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat dalam memperingati hari peduli sampah nasional (HPSN) langsung melakukan aksi nyata peduli kebersihan lingkungan.

Aksi nyata peduli lingkungan ini dilakukan di Desa Sumare, Jumat (22/2/2019). Selain menggelorakan Mamuju Mapaccing juga menyemarakkan jumat bersih untuk mewujudkan kenyaman dan kesehatan dengan lingkungan yang bersih.

Personil Polda Sulbar saat membersihkan sampah di pantai Desa Sumare(Photo: repro)

Sebelum pelaksanaan aksi peduli lingkungan ini, telah dilaksanakan apel bersama. Hal ini dilakukan agar kegiatan yang dilakukan lebih terkoordinir sehingga aksi peduli sampah terlaksana secara maksimal dan efisien.

Selanjutnya berdasarkan pembagian lokasi, Polda Sulbar mendapat bagian di Desa Sumare dan Pemerintah Daerah di Pasar Baru Mamuju.

Kapolda mengharapkan agar sampah yang akan di bersihkan tetap dipilah dan di pisahkan, khususnya yang sampah organik dan non organik agar semuanya tidak di buang. “yang bisa di daur ulang kita manfaatkan menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomi sekaligus membantu gerakan komunitas pengrajin sampah daur ulang,” Ujarnya.

Untuk itu, Sambung Baharuddin kita harus menggugah kepedulian kita untuk lebih peduli dengan kebersihan dimulai dari diri sendiri.

“Jadikan momen ini sebagai penyemangat untuk hidup bersih setiap saat.” Timpalnya.

Di Desa Sumare, semangat dan antusias seluruh personil terlihat bersemangat dalam mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih. Sampah-sampah yang ada di pinggiran pantai Desa Sumare seluruhnya dipungut habis.

Bahkan dalam kegiatan ini, Kapolda Sulbar yang pertamakali memungut sampah yang ada. Ini beliau lakukan untuk memberikan contoh kepada yang lain bahwa membersihkan itu tidak perlu instruksi, “kalau ada sampah lansung saja dipungut dan dibersihkan demi lingkungan yang indah dipandang mata tanpa sampah,” tandasnya.

Selain melakukan aksi peduli lingkungan dengan cara kerja bakti, Kapolda dan personil lainnya juga menghimbau kepada masyarakat di Desa Sumare agar lebih menjaga kebersihan, karena “kebersihan itu bagian dari iman.” Untuk itu jangan buang sampah disembarang tempat apalagi ke laut, ini demi menjaga terumbu karang dan ekosistem laut dari pencemaran” , Imbuhnya.

Melalui kegiatan ini, Kapolda Sulbar juga berharap hati masyarakat bisa tergugah untuk lebih peduli dengan lingkungan yang bersih dan sehat.|smd.

Berita Terkait: