Pelantikan ABM-Enny, Tinggal Menunggu Kesiapan Kemendagri

IMG_3499

Banniq.com.Jakarta

Usulan pelantikan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar terpilih hasil pilkada tahun 2017 sudah di tangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Hal ini setelah pimpinan DPRD Sulbar mengantarkan usulan tersebut ke Ditjen Otonomi Daerah, Kemendagri, Jakarta pada hari Jumat 5 Mei 2017.
Wakil Ketua DPRD Hamzah Hapati Hasan bersama wakil ketua lainnya Munandar Wijaya dan sejumlah pimpinan komisi menemui Direktur Fasilitasi Kepala Daerah, DPRD dan Hubungan Antar Lembaga, Ditjen Otoda Akmal M Piliang untuk menyerahkan usulan pelantikan Ali Baal Masdar-Enny Anggraeny Anwar sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar periode 2017-2022.Usulan pelantikan tersebut dikeluarkan DPRD setelah DPRD melakukan rapat paripurna istimewa pengumuman penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih di gedung DPRD Sulbar pada tanggal 3 Mei 2017.
“Sesuai aturan yang berlaku, penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih oleh KPU diserahkan ke DPRD untuk diparipurnakan. Lalu, DPRD membuatkan usulan pelantikan yang disampaikan ke mendagri. Dan, hari ini kita sudah sampaikan usulan itu ke mendagri. Sekarang bola sudah ada di mendagri. Proses di daerah semua sudah selesai baik di KPU maupun DPRD. Sekarang kewenangan sepenuhnya ada di mendagri untuk menentukan jadwal pelantikan,” jelas Hamzah seusai bertemu dengan direktur fasilitasi kepala daerah.
Direktur Fasilitasi Kepala Daerah Akmal M Piliang mengemukakan, Sulbar masuk dalam tahap pertama pelantikan kepala daerah/wakil kepala daerah tingkat provinsi hasil pilkada tahun 2017. Ditjen otda sudah mengeluarkan jadwal pelantikan yang direncanakan pada minggu ke empat Mei 2017. Pasangan gubernur/wakil gubernur yang dilantik pada tahap pertama ini adalah Sulbar, Banten, Bangka Belitung, Gorontalo, dan Papua Barat.
“Menurut mendagri akan dilantik langsung oleh presiden di istana negara. Ada lima gubernur yang dilantik, termasuk Gubernur Sulbar pada minggu ke empat Mei ini. Jadi, kita di daerah tidak ada persiapan lagi untuk pelantikan. Hanya persiapan saja untuk diundang menghadiri pelantikan di Jakarta. Kita juga belum tahu siapa-siapa saja yang diundang. Tapi, biasanya pimpinan DPRD diundang,” kata Hamzah.
Selain pimpinan DPRD, juga hadir perwakilan Pemprov Sulbar pada acara penyerahan usulan ini yaitu Kepala Biro Tata Pemerintahan Abdul Wahab.(rs/smd)

Berita Terkait: