Pengukuhan Dekranasda Sulbar, Gubernur Berharap Perajin Tenun Dibimbing untuk Berinovasi dan Berkreasi

Gubernur Sulbar, Drs.HM.Alibaal Masdar saat mengukuhkan Pengurus Dekranasda Sulbar Periode 2017-2022, disaksikan oleh Hj.Andi Rusksti Alibaal selaku ketua Dekranasda Sulbar(photo: Repro)

BANNIQ.COM.Sulbar. Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah(Dekranasda) Provinsi Sulawesi Barat periode 2017-2022, dikukuhkan oleh Gubernur Sulbar,Drs.H.M.Alibaal Masdar, Kamis(20/12/2018), di Hotel Pantai Indah Mamuju.

Kepada Pengurus Dekranasda yang secara keseluruhan berjumlah sekira 45 orang tersebut, Gubernur Sulbar Alibaal Masdar(ABM) berpesan agar senantiasa memberikan bimbingan dan pendidikan kepada kepada perajin kain tenun yang ada di Sulbar.supaya mereka dapat memproduksi kain tenunnya dengan sentuhan inovasi.
Ketua Dekranasda Sulbar, Hj.Andi Ruskati Alibaal Saat Menyampaikan Sambutan usai Pengukuhan Pengukuhan Pengurus Dekranasda Sulbar di Hotel Pantai Indah Mamuju(Photo:repro)
.” Kepada Pengurus Dekranasda, saya berharap kepada saudara untuk terus memberi bimbingan kepada pada perajin yang ada di daerah agar mereka dapat membuat inovasi dan kreasi terhadap produk tenun mereka, misalnya untuk sarung sutra mandar dengan sentuhan kreasi dengan tidak meninggalkan karakter aslinya, garis kotak-kotak, supaya desainnya tidak monoton,” Ujarnya.
Ia juga berharap kepada pengurus Dekranasda Sulbar untuk membantu mempromosikan produk yang telah dihasilkan oleh perajin di daerah, baik pemasaran di tingkat nasional maupun internasional.
” sebenarnya produk-produk kita baik industri kerajinan maupun komoditas perkebunan seperti kakao dan kopi tidak kalah dari aspek kualitas dari dari daerah lainnya, hanya produk kita di Sulbar masih minim dari aspek promosi dan pemasaran, olehnya saya berharap pengurus Dekranasda ini ke depan diharap dapat membantu mempromosikan dan memasarkan hasil kerajinan daerah di Sulbar,”Pungkasnya.
Ketua Harian Dekranasda Sulbar, Amir Maricar, yang juga Kadis Koperindag dan UKM Sulbar saat menyampaukan sambutan pada pengukuhan Pengurus Dekranasda Sulbar,Kamis sore(20/12/2018) di Hotel pantai Indah Mamuju.(photo:repro)
Kemudian untuk memasarkan  kerajinan yang berkualitas dan diminati oleh komsumen baik dalam maupun luar negeri, hal yang perlu dibangun adalah sinergitas antara Dekranasda dan perajin daerah.
” Untuk memasarkan produk kerajinan yang telah dihasilkan oleh perajin di daerah, seperti sarung sutera Mandar yang sentranya di Polman dan Majene, kemudian Sekomandi di Mamuju dan tenun sambuq di Mamasa, Pengurus Dekranasda Provinsi mesti bersinergi dengan perajin di daerah,” Jelas Ketua Dekranasda Sulbar,Hj.Andi Ruskati Alibaal saat menyampaikan sambutannya usai pengukuhan Pengurus Dekranasda Provinsi Sulbar.
Anggota Komisi VIII DPR RI ini juga, Menjelaskan bahwa untuk kegiatan promosi produk kerajinan di Sulbar, Dekranasda telah melakukan berbagai kegiatan promosi untuk mengenalkan produk kerajinan sulbar di kancah nasional.
” Guna mempromosikan produk tenun sulbar, Dekranasda telah melakukan beberapa kegiatan promosi salah satunya sewaktu Rakernas Dekranas dumana produk kerajinan Sulbar ikut dipamerkan di JCC Jakarta,” Imbuhnya.
Di tempat yang sama Ketua Harian Dekranasda Sulbar yang juga Kadis Koperindag dan UKM, Amir maricar, menjelaskan tentang SK kepengurusan Dekranasda Sulbar yang telah terbentuk sejak tahun 2017, namun baru dikukuhkan mengingat SK tersebut mengalami beberapa Revisi Kepengurusan.
” Sebetulnya agenda pengukuhan ini kita rencanakan sejak tahun lalu, namun karena ada perubahan kepengurusan sehingga SK tersebut direvisi, dan baru sekira bukan oktober lalu Revisi SK tersebut diterbitkan Dekranas Pusat, olehnya hari ini baru dapat kita laksanakan Pengukuhan,” Urai Mantan Kadis BPMD dan Sistap Sulbar ini.
Dari aspek pembinaan dan pengembangan Kerajinan maupun komoditas Perkebunan Sulbar, dibawah kepemimpinan Gubernur Sulbar Drs.Alibaal Masdar kata Amir, Akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan dengan baik, hal tersebut terlihat pada kepedulian Gubernur yang tinggi terhadap pengembangan dan pemasaran produk-produk tersebut dengan inisiasi dan biaya pribadi yang diberikan.
” Kami yakin di bawah kepemimpinan Gubernur Bapak Ali Baal Masdar Produk kerajinan dan komoditas perkebunan seperti Kopi, kakao dan lainnya akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan baik, mengingat kepedulian beliau yang tinggi terhadap pemasaran produk tersebut, seperti promosi beberapa komoditas andalan sulbar ke Swiss, asserbaizan yang diinisiasi dan bersumber dari dana pribadi Beliau,” Timpalnya.
Kemudian untuk lebih memasyarakatkan hasil tenunan kerajinan di daerah seperti Sutra, sekomandi dan Sambuq, lanjut Amir, ke depan akan dibuatkan regulasi untuk Pemakaian busana  yang terbuat dari tenunan lokal untuk dikenakan oleh ASN di Sulbar pada hari Tertentu.
” Ke depan agar tenunan lokal ini lebih memasyarakatkan produk tenunan lokal ini, Seperti Sutra, sekomandi dan Sambuq, ke depan akan ada regulasi untuk pemakaian hasil tenun lokal  tersebut pada hari-hari tertentu oleh ASN di Sulbar,” Pungkasnya.|smd▪

Berita Terkait: