Perekaman E KTP Matra Capai 90%

P_20160828_153549

banniq.com.Pasangkayu

  Dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten mamuju utara (Matra) ramai didatangi masyarakat untuk melakukan perekaman E-KTP. antirian terlihat dibagian administrasi itu dikarenakan adanya pembatasan waktu yang ditentutukan hanya s/d 30 sepetember 2016. Akibatnya aktivitas di DUKCAPIL Matra menjadi padat.

Selain melakukan perekaman E-KTP di kantor DUKCAPIL petugas juga melakukan perekaman secara mobile ke beberapa desa dan kecamatan yang ada di kabupaten mamuju utara (matra). Hal ini  dilakukan untuk menuntaskan target DUKCAPIL matra untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat agar bisa memiliki E – KTP.

Meski sudah melakukan pelayanan dengan cara jemput bola, namun tampaknya belum mampu mengakomodir seluruh masyarakat matra dalam perekaman E – KTP. ” ini karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam melengkapi administrasi kependudukan, apalagi masyarakat yang berada di pelosok desa lebih mementingkan untuk berkebun dibandingkan melakukan perekaman E – KTP di kantor camat maupun di DISDUKCAPIL matra. ” ungkap kabid Bina Pendaftaran penduduk Dukcapil Matra, I MADE WIDIASA beberapa waktu lalu.

“Kami sudah menyurati semua Kepala Desa lewat Camat dan tembusan kepada Stakeholder terkait, dalam hal ini adalah bapak Bupati serta lembaga DPRD Matra, berdasarkan surat edaran KEMENDAGRI bahwa batas waktu perekaman E – KTP itu hanya sampai 31 september tahun inj.”tegas I Made.

Sementara itu himbauan terhadap masyarakat Mamuju Utara di sampaikan I Made Widiasa kabid Bina Pendaftaran penduduk Dukcapil Matra. agar masyarakat segera melakukan perekaman E-KTP bagi yang belum memiliki KTP, sebab Dukcapil matra kini berpatokan pada surat edaran KEMENDAGRI, dan apabila masih ada masyarakat yang belum melakukan perekaman data secara online nantinya akan dinonaktifkan, dan ini sebagai cambuk bagi masyarakat yang dianggap lalai” imbuh I made.

Made menambahkan perekaman E-KTP ke daerah terpencil seperti dinilai telah tuntas”sambung made”.yang menjadi kendala dalam melakukan perekaman dengan tenggang waktu sangat sempit ini adalah kerusakan alat dan maintenance seperti antara foto tidak konek dengan layar pada waktu pengambilan gambar.

Walau sering mengalami kendala saat perekaman E-KTP Dukcapil matra tetap optimis dapat menuntaskan perekaman E-KTP tepat waktu jika tidak ada kendala pada peralatan perekaman dan jaringan internet. “tegas Made”.(smd/joni).

Berita Terkait: