Peringatan HUT Mamuju Yang Direncana Dilaksanakan Di Lapangan Terbuka,ditolak Pimpinan DPRD

Banniq.com.Mamuju

Peringatan HUT Mamuju di Lapangan Terbuka Tidak Memiliki Rujukan

Wacana yang digumamkan Pemkab Mamuju tentang peringatan hari jadi Kabupaten Mamuju yang akan dilaksanakan melalui upacara di lapangan terbuka ditolak oleh DPRD Mamuju.

Selama ini, peringatan hari jadi ibukota Sulbar yang jatuh pada 14 Juli itu ditandai dengan rapat paripurna istimewa di gedung DPRD Mamuju yang dihadiri oleh pihak eksekutif dan masyarakat lainnya. “Menanggapi hal itu, kami langsung mengadakan pembicaraan dengan teman-teman dewan karena peringatan hari jadi daerah itu merupakan amanah Perda dan dilaksanakan oleh pihak legislatif,” kata Wakil Ketua DPRD Mamuju, Sugianto, saat ditemui, Selasa 30 Mei.

Dia menuturkan rencana Pemkab untuk mengganti rapat paripurna istimewa menjadi upacara di lapangan terbuka dalam peringatan hari jadi Kabupaten Mamuju itu tidak memiliki rujukan secara aturan atau regulasi, maka dari itu pihak DPRD Mamuju pun tidak mengindahkan keinginan Pemkab.

“Tidak mengapa, kecuali pihak eksekutif menjadikan upacara tersebut sebagai rangkaian peringatan seperti pameran, pesta rakyat, porseni maupun perlombaan masyarakat lainnya tetapi jika menghilangkan rapat paripurna istimewa itu kami tolak,” imbuh Sugianto.

Rapat paripurna istimewa itu sendiri merupakan acara sakral yang sifatnya seremonial dalam memperingati hari jadi Mamuju, yang di dalamnya terdapat selayang pandang tentang sejarah terbentuknya bumi Manakarra ini. “Selain itu, ada juga penampilan tari-tarian adat dan lagu daerah yang secara keseluruhan diharapkan dapat meningkatkan kecintaan kita terhadap daerah kita ini,” pungkas politisi Golkar itu.(zul/s)

Berita Terkait: