Perpustakaan Daerah Gelar Pelatihan Untuk Pustakawan Desa dan Kelurahan

Keterangan photo: Pose bersama peserta Pelatihan dan Pegawai Dinas Perpustakaan Daerah(photo:chali)

Banniq.com, Majene – Sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan pengelola perpustakaan desa dan kelurahan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPDK) kabupaten Majene menggelar pelatihan bagi para pustakawan, Selasa (2/1/18).

Kepala DPDK kabupaten Majene Andi Pawiloi mengatakan, pengelola perpustakaan desa atau kelurahan perlu terus meningkatkan kemampuanya dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Kata dia, penting bagi pengelola perpustakaan untuk memahami manajemen perpustakaan dan mekanisme pengelolaan perpustakaan demi penguatan peran perpustakaan pemerintah kabupaten Majene, khususnya perpustakaan desa dan kelurahan.

“Tujuan akhirnya perpustakaan tersebut diharap dapat berperan secara aktif menumbuhkan minat baca masyarakat khususnya pada anak usia dini, dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai salah satu tempat menimbah ilmu dengan membaca,” jelasnya di Aula B’Nusabillah Lembang Majene, Selasa 2 Januari 2018.

Dikonfirmasi terpisah, kepala bidang Perpustakaan DPDK kabupaten Majene Muh. Chaeran Samad menjelaskan, bahwa selain untuk penguatan dan peningkatan SDM pengelola perpustakaan desa dan kelurahan, kegiatan ini juga memberikan pemahaman kepada peserta akan pentingnya manajemen dan pengelolaan perpustakaan yang baik.

“Bagaimana memberi pemahan kepada para pengelola perpustakaan agar dapat mengelola perpustakan dengan baik sesuai visi pemerintah Majene yaitu profesional, produktif, dan proaktif (MP3), sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal,” imbuhnya.

Diharap setelah kegiatan ini para pengelola perpustakaan dapat semakin kompeten dalam mengelola perpustakan di daerah mereka, sehingga masyarakat akan semakin tertarik mengunjungi perpustakaan dan berkembang minat baca.

Kegiatan ini diikuti sekira 30 orang pengelola perpustakaan dari desa dan kelurahan sekabupaten Majene. Acara dibuka secara resmi bupati Majene Fahmi Massiara.(cha/S)

Berita Terkait: