Pertahankan Predikat Sebagai Daerah Swasembada Beras, Pemkab Polman Bentuk UPTD Agro Techno Park

Ekspose Rencana Pembentukan UPTD Agro Techno Park di Aula Sipamandaq Balitbangren Polman(photo:repro)

BANNIQ.COM.Polewali. Ekspose Rencana pengelolaan UPTD Agro Tehno Park (ATP) di Polewali Mandar, digelar di Aula Sipamandaq Balitbangren Polewali. Rabu, (18/7/2018). Program ini adalah inovasi yang di kembangkan sebagai proyek perubahan dalam mengembangkan pengelolaan UPTD Agro Tehno Park Polman yang berbentuk  Badan Layanan Umum Daerah(BLUD)

Dikatakan Kabid Ekonomi Balitbangren Pemkab Polman Moh Jumadil ST. MAP pada acara ekspose tersebut bahwa tujuan pembentukan UPTD Agro Techno Park tersebut adalah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mempertahankan swasembada beras nasional, termasuk swasembada kedelai dan daging.

“Jadi melalui pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan pada sektor pertanian terpadu dengan demikian kita berharap  pembentukan UPTD techno park bisa meningkatkan produksi beras, kedelai dan daging sehingga bisa berswasembada secara terus menerus”. Harap Jumadil.

Lebih lanjut dikatakan Jumadil , untuk pengelolaan UPTD ATP di desa Nepo Kecamatan  Wonomulyo pihak pemerintah telah menyiapkan lahan seluas 2 hektar. ”

ATP Nepo telah disiapkan 2 hektar lahan untuk dilakukan pengembangan. Sementara untuk pengelolaan keuangan akan dilakukan manejemen keuangan yang berbentuk BLUD yang baik dan profesional, sehingga dapat diketahui tentang arus kas di UPTD tersebut” Imbuhnya.

Masih Jumadil,  5 MANTAP layanan yang dikelola oleh UPTD agro Techno Park yang dapat di akses oleh masyarakat pelaku usaha pertanian, perguruan tinggi dan BUMDES yaitu :
1. layanan litbang Penangkarang Padi dan kedelai.
2. Layanan Litbang Penggemukan Ternak sapi
3. Layanan jasa SIMANTAP (Sistem Pertanian Mandiri Terintegrasi dan Partisipatif.
4. Layanan Inkubator Bisnis Pertanian Terpadu Sipamandaq
5. layanan Usaha Pengendalian Hama dan Penyakit tanaman.

kegiatan ini juga turut diapresiasi oleh kepala Balitebangren Kallang Marsuki dan Sekretaris Balitbangren Agusnia Hasan Sulur. Selain itu kegiatan juga dihadiri sejumlah stakehoulder yang ada.(rst/s)

Berita Terkait: