PJ Sekprov Sulbar Terima Mahasiswa KKN UNM Terpadu Angkatan XVII

PJ Sekprov Sulbar, Drs.H.Arifuddin Toppo, bersama Dosen Pembimbing KKN Terpadu UNM Gelombang XVII (photo:dok)

ADVERTORIAL
BANNIQ.COM.Sulbar.– Kuliah Kerja Nyata (KKN) terpadu angkatan XVII Mahasiswa Universitas Negeri Makassar akan melangsungkan praktek lapangan selama tiga bulan di beberapa Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) di Sulbar. Penerimaan mahasiswa tersebut dilangsungkan di ruang pertemuan lantai III, Kantor Gubernur Sulbar, Senin, 24 September 2018. Diterima oleh Pj. Sekprov Sulbar yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar, Arifuddin Toppo.

“Selamat datang, selamat mengabdi, tinggalkan kesan bahwa kalian telah mengabdi dan turut membantu peningkatan pendidikan di Sulbar. Dengan kondisi pendidikan di Sulbar yang terlihat sekarang, saya menginginkan mahasiswa KKN ini dapat berinteraksi, memotivasi dan mengajak para anak usia sekolah untuk terus melanjutkan pendidikan mereka,” ” ungkap Arifuddin.
Kepada mahasiswa, Ia menggambarkan kondisi pendidikan di Sulbar yang masih di bawah rata-rata provinsi lain, dengan tingkat indeks pembangunan manusia (IPM) Sulbar yang juga masih di bawah satu digit dari rata-rata IPM nasional, termasuk layanan pendidikan.
“Kehadiran adik-adik KKN ini juga sangat tepat, karena Sulbar sekarang masih kekurangan guru. Berdasarkan data, kami butuh pegawai negeri hingga 2400 guru sedangkan kuota pengangkatan hanya sekitar 200. Untuk itu, saya harap adik-adik memiliki pengaruh kepada para peserta didik, juga bila adik-adik berinteraksi dengan masyarakat, mendapat anak usia sekolah yang putus sekolah agar segera di motivasi dan diajak lagi untuk melanjutkan pendidikan mereka,”” tandasnya.

Di tempat yang sama, Koordinator mahasiswa KKN UNM, Hasyim yang juga selaku dosen pembimbing mahasiswa menyampaikan apresiasi yang besar bagi Pemprov Sulbar telah menerima mahasiswa praktek lapangan dengan jumlah yang besar.

“Selaku pembimbing KKN terpadu ini, kami mohon mahasiswa kami dapat dibimbing, sekiranya di lapangan ada kekurangan mohon diawasi, anak-anak kami sudah siap melaksanakan kerja nyata sesuai dengan bimbingan dari kampus. Untuk mahasiswa, laksanakan tugas sebaik mungkin, jaga almamater dan mari kita kerjasama mencerdaskan kehidupan anak bangsa,”” pungkasnya.
Untuk penyebaran mahasiswa, sebanyak 17 mahasiswa ditempatkan di SMK I Rangas, 10 mahasiswa di tempatkan di SMAN I Mamuju dan sebanyak 15 mahasiswa di tempatkan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar serta beberapa juga di tempatkan di SMA/SMK lain yang ada di Sulbar. (dil/s)

Berita Terkait: